April 28, 2016

IFA Hadir di Tanah Air, Dorong Percepatan Pengembangan Fixed Broadband

Penulis: Eko Lannueardy
IFA Hadir di Tanah Air, Dorong Percepatan Pengembangan Fixed Broadband  

MOBITEKNO – Resmi sudah Indonesia Fiber-To-The-Home Association (IFA) hadir di Tanah Air. Peresmian asosiasi tersebut dilakukan di sela-sela penyelenggaraan Indonesia FTTH Association Summit yang pertama kali digelar di Rizt Carlton Pacific Place, Jakarta (27/4) dan disaksikan langsung oleh Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

IFA merupakan perkumpulan yang beranggotakan para opertor teknologi, perusahaan dan asosiasi yang berkaitan dengan TIK di Indonesia, seperti Telkom, Jababeka, MyRepublic dan Huawei. Sebagai bagian dari Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), IFA akan memegang peranan penting dalam pengembangan ekosistim pita lebar tetap, termasuk pengembangan Smart City.

Suwanto Gunawan, Ketua IFA menegaskan komitmennya untuk bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk menjalankan satu ekosistem pita lebar tetap. Kehadiran IFA juga sebagai jembatan mengatasi celah yang terdapat dalam ekosistem infrastruktur pita lebar dalam negeri guna mempercepat pertumbuhan ekonomi digital.

"Kami yakin, semua anggota IFA akan bergandengan tangan untuk menjalankan satu ekosistem pita lebar tetap. Bersama MASTEL, kami akan memainkan peran yang sangat penting dalam mempercepat keterampilan dalam bidang TIK, kesiapan sosial, model bisnis, kemitraan antara pemerintah dengan sektor swasta," ujar Suwanto.

Ketua Umum MASTEL Ir. Kristiono juga mendukung penuh dibentuknya IFA. Ia mengatakan bahwa saat ini pengembangan ekonomi digital adalah prioritas bagi Indonesia dan akan menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi negara. Harapannya, IFA dapat membantu mendorong pengembangan pasar pita lebar tetap yang menjadi bagian tak terpisahkan dari ekonomi digital.

"IFA dan MASTEL akan bekerja sama merumuskan regulasi Right-of-Way dan mempromosikan infrastruktur berbagi antar pelaku industri. Hal ini sangat penting guna mempercepat penyebaran serat optik di seluruh Indonesia sebagai bagian dari Rencana Pitalebar Nasional yang juga mendukung pengembangan ekonomi digital," ujar Kristiono.

Hal senada juga ditegaskan oleh Daniel Tang, Huawei CTO of Fixed Network. Ia mengatakan Huawei sebagai anggota IFA merasa bangga memperoleh pengakuan sebagai pemain di bidang FTTH. Untuk itu, Huawei akan aktif memberikan dukungan, infrastruktur, solusi serta pengetahuan teknologi bagi pengembangan FTTH di Indonesia.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS