March 28, 2016

Dukungan Format Dokumen pada Google Sheets dan Slides Kini Semakin Bertambah

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Dukungan Format Dokumen pada Google Sheets dan Slides Kini Semakin Bertambah  

MOBITEKNO – Apabila Microsoft selama ini mengandalkan Word, Excel dan PowerPoint dalam paket MS Office-nya, raksasa Google juga punya paket ‘productivity app’ yang lebih diperuntukkan bagi pengguna di era cloud saat ini. Ketiga aplikasi tersebut antara lain Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides.

Belum lama ini Google kembali meng-update kedua layanan aplikasinya, Google Sheets dan Google Slides, agar mendukung lebih banyak format file. Pengguna Google Sheets kini dapat menyimpan dokumennya dalam format file CSV dan TSV, sedangkan pengguna Google Slides kini bisa mengekspor dokumen presentasinya ke format JPEG, PNG, atau SVG.

Untuk menggunakan fitur baru ini, pengguna Google Sheets dan Google Slides bisa langsung mengaksesnya di menu yang biasa digunakan, yaitu melalui menu "Share & Export: Save As".

Pengguna Google Sheet kini juga dapat melihat Google Drawings dalam dokumen spreadsheets-nya. Selain itu, ada penambahan fitur ‘smart’ yang merekomendasikan (auto-suggests) nama dari presentasi yang dibuat berdasarkan nama pada slide pertama saat pengguna menyentuh tombol ‘Overflow’. Dengan fitur ini, penamaan dokumen presentasi, seperti "Untitled", "Untitled 1", dan seterusnya bisa dihindari.

 

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS