September 27, 2016

Data Center Bertaraf Internasional Dihadirkan oleh Lintasarta

Penulis: Eko Lannueardy
Data Center Bertaraf Internasional Dihadirkan oleh Lintasarta  

MOBITEKNO – PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) secara resmi mengumumkan peluncuran fasilitas data center terbaru dengan standar internasional yang di beri nama Lintasarta Technopark Data Center, Senin (26/9) di Pullman Hotel, Jakarta. Kehadiran Technopark Data Center ini juga sekaligus menunjukkan komitmen Lintasarta dalam memberikan layanan data center terbaik kepada pelaku industri.

Lintasarta Technopark Data Center telah memiliki sertifikasi Data Center Tier III untuk kategori Tier Certification for Constructed Facilities (TCCF) dari Uptime Institute. Sertifikasi ini melengkapi sertifikat Data Center Tier III kategori Tier Certification of Design Documents (TCDD) yang telah didapat sebelumnya.

Uptime Institute sendiri merupakan lembaga internasional yang memiliki standar sistem klasifikasi Tier untuk para provider data center di seluruh dunia. Uptime-pun telah melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap Lintasarta Technopark Data Center hingga dinyatakan telah memenuhi persyaratan serta standar Data Center Tier III untuk TCCF.

President Director Lintasarta, Arya Damar menegaskan bahwa fasilitas terbaik menjadi jaminan Lintasarta Technopark Data Center dalam memberikan keamanan serta kenyamanan kepada para pelaku bisnis dari berbagai sektor industri. Tak sedikit para pelaku bisnis menuntut layanan data center dengan tingkat availability yang semakin tinggi.

"Saat ini pelaku bisnis dari berbagai sektor industri seperti perbankan, asuransi, pemerintahan, minyak dan gas (migas), pertambangan, transportasi, dan kesehatan menuntut layanan data center dengan tingkat availability yang semakin tinggi. Hal ini untuk memastikan bahwa kegiatan operasional perusahaan bisa tetap berjalan tanpa gangguan berarti," ujar Arya.

Lintasarta Technopark Data Center diklaim mampu memberikan jaminan kualitas layanan dengan beberapa keunggulan. Pertama Hi-Tech, keunggulan teknologi data center dengan luas 2.200 m2 ini memiliki kemampuan memberikan daya terus menerus dari teknologi Diesel Rotary Uninterruptible Power Supplies (DRUPS) dan sistem pendinginan yang berjalan secara berkesinambungan.

Keunggulan kedua adalah memiliki aspek keamanan yang tinggi dengan menerapkan sistem keamanan berlapis, termasuk kontrol akses biometrik, CCTV dan Man-Trap berjalan selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Data Center ini juga dilengkapi dengan sistem proteksi kebakaran Very Early Smoke Detection (VESDA) dan Novec 1230 Fire Suppression System.

"Satu hal yang tak kalah menarik, Green Data Center atau Eco Friendly menjadi keunggulan ketiga dari Technopark Data Center. Hal ini menjadikan data center yang dikembangkan oleh Lintasarta ini benar-benar ramah terhadap lingkungan serta memiliki efisiensi tinggi untuk jangka panjang," tambah Arya.

Hal senada juga ditegaskan oleh Senior Director of Asia Pacific Development of Uptime Institute, Thomas Baehr. Ia mengatakan dengan telah diperolehnya sertifikasi Data Center Tier III untuk kategori TCCF dan TCDD membuat Lintasarta Technopark Data Center masuk ke dalam data center kelas dunia.

"Data center yang dikembangkan oleh Lintasarta akan semakin dipercaya oleh para pelanggannya. Selain itu, para pelaku bisnis juga tak perlu repot-repot menggunakan jasa konsultan untuk mengecek kualitas layanan data center yang dimiliki oleh Lintasarta. Hal ini berkat jaminan sertifikasi dari Uptime Institute yang telah terpercaya," ujar Thomas Baehr.

Lintasarta Technopark Data Center juga telah memiliki sertifikasi ISO diantaranya IS0 9001:2008 (sistem manajemen mutu), ISO 27001:2013 (sistem manajemen keamanan informasi), ISO 14001:2013 (sistem manajemen lingkungan), ISO 20000-1:2011 (manajemen layanan teknologi informasi dari British Standards Institution (BSI) dan OHSAS 18001:2007 (sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja).

Melengkapi daftar sertifikasi yang diterima, data center ini juga telah mendapatkan PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard), yaitu sertifikasi standar keamanan informasi yang diwajibkan kepada lembaga yang menangani atau berkaitan dengan informasi pemegang kartu (kartu kredit, kartu debit, dan sebagainya).

 

Tags: , , , ,


COMMENTS