September 22, 2016

Penjualan Toyota Calya Berjaya di Agustus

Penulis: Desmal Andi
Penjualan Toyota Calya Berjaya di Agustus  

MOBITEKNO – Toyota Calya menjadi produk terlaris Toyota Astra Motor pada bulan Agustus kemarin. Penjualan ritel yang mencapai 8.266 unit di bulan lalu ternyata memberikan kontribusi besar terhadap kinerja Toyota di segmen MPV sehingga di bulan tersebut PT TAM mampu tumbuh 67,1 persen dibanding bulan sebelumnya.

Komposisi terbesar penjualan ritel Calya masih berasal dari ibukota Jakarta, yaitu 27,2 persen. Selanjutnya diikuti Jawa Barat sebesar 17,9 persen dan Jawa Timur 7,1 persen.

“Pasar Calya di daerah cukup besar. Ini membuktikan bahwa kehadiran entry MPV sangat diminati masyarakat daerah,” ujar Henry Tanoto, Vicr President PT TAM.

Segmen MPV Toyota memang mencatat kinerja posistif ddi bulan Agustus 2016. Bahkan, di segmen ini Toyota mencetak rekor penjualan ritel terteinggi sepanjang tahun dengan 25.368 unit terjual ke masyarakat. Angka ini tentunya jauh lebih tinggi dari rata-rata bulanan yang sebanyak 18 ribu unit. Dengan demikian, market share Toyota di segmen MPV melejit menjadi 58,5 persen.

Semua model di segmen MPV pun turut meningkat penjualannya. Avanza yang berada di Low MPV mampu terjual 9.762 unit, nai 28,9 persen dan memegang market share 39,6 persen. Sementara produk anyar Toyota Sienta juga mampu terjual sebanyak 2.352 unit. Produk MPV lainnya, yaitu Innova juga naik 31,1 persen dengan volume sebanyak 4.599 unit dan Toyota Alphard terjual 349 unit, naik 67,8 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

""

Segmen lainnya, yaitu SUV juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari angka penjualan Rush dan Fortuner yang tumbuh 3,9 persen dengan 4.622 unit. Tidak hanya passenger car, mobil niaga juga turut kena dampak tren positif penjualan di Agustus. Lini produk Hilux, Dyna, dan HiAce penjualannya mampu meningkat 39,5 persen dengan total 1.067 unit terjual ke masyarakat.

Tags: , , ,


COMMENTS