June 22, 2016

Mulai Fokus di Dunia Medis, Nokia Berkolaborasi dengan Universitas dan Rumah Sakit

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Mulai Fokus di Dunia Medis, Nokia Berkolaborasi dengan Universitas dan Rumah Sakit  

MOBITEKNO – Nokia (Nokia Technologies) mengumumkan kolaborasinya dengan HUS (Helsinki University Hospital) dan Fakultas Universitas Helsinki (Fakultas Kedokteran) untuk menciptakan solusi inovatif untuk peningkatan kualitas layanan bagi pasien rawat jalan.

Selain itu, kolaborasi juga dilakukan untuk mewadahi penelitian dan pengembangan bersama di bidang kesehatan. Proyek pertama Nokia Technologies dan HUS akan diluncurkan pada triwulan ini dalam pengembangan solusi pemantauan pasien jarak jauh (remote).

Proyek ini merupakan kolaborasi pertama Nokia Technologies di industri layanan kesehatan. Misi Nokia pada industri kesehatan mulai terlihat saat mereka telah mengakuisisi produsen alat kesehatan digital Perancis, Withings, senilai US$ 191 juta.

Sejak 2008, Withings sudah menghadirkan beragam produk kesehatan, di antaranya Withings Pulse, samrtwatch Activité, E-ink fitness tracker, timbangan Wi-Fi (Body Cardio), monitor tekanan darah nirkabel, Bluetooth thermometer, pengukur kualitas udara (Withings Home), dan sistem pembantu tidur (Withings Aura).

Menurut Cédric Hutchings, Wakil Presiden Digital Health Nokia Technologies, “Visi Nokia adalah memberdayakan manusia agar bisa membuat keputusan yang tepat mengenai kesehatan mereka. Caranya dengan menyediakan informasi yang dibutuhkan pasien dan dokter, saat mereka membutuhkannya.”

“Dengan kolaborasi dengan HUS ini, kami bisa memperluas layanan dari perangkat kesehatan dan kebugaran sehari-hari ke solusi-solusi klinis yang akan membantu meningkatkan interaksi pasien/dokter, sekaligus berkontribusi dalam riset di bidang kedokteran,” tambah Cédric.

Departemen Neurologi HUS adalah pusat neurologi terbesar di Finlandia yang berfokus pada diagnosis, pengobatan, dan rehabilitasi penyakit sistem saraf atau otak, saraf tulang belakang, sistem saraf peripheral dan otot.

Dengan lebih dari 14.000 kunjungan pasien ke Klinik Rawat Jalan Neurologi di Rumah Sakit Meilahti, Helsinki setiap tahunnya, kolaborasi ini akan menghadirkan sarana feedback dari pasien dan dokter HUS untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas solusi pemantauan pasien jarak jauh Nokia Technologies, serta peningkatan kesehatan pasien.

“HUS melihat nilai luar biasa dari kolaborasi dengan perusahaan inovatif seperti Nokia untuk membantu pengembangan ilmu pengetahuan berbasis penelitian ke dalam teknologi-teknologi yang dapat meningkatkan layanan yang lebih efektif, personal untuk para pasien kami,” ujar Nina Forss, MD, PhD., Kepala Departemen Neurologi.

“Departemen Neurologi HUS telah diakui di seluruh dunia karena layanan terbaiknya untuk stroke akut. Kolaborasi baru ini mencerminkan komitmen bersama untuk mencapai keunggulan dalam penelitian serta meningkatkan kesehatan dan perawatan para pasien kami yang berada di tahap akhir rantai perawatan,” tambahnya.

 

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS