November 17, 2016

Z2 Mini: Sekecil Mac Mini, PC Mini HP Ini Punya Performa Kelas Workstation

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Z2 Mini: Sekecil Mac Mini, PC Mini HP Ini Punya Performa Kelas Workstation  

MOBITEKNO – Bukan hanya consumer PC atau notebook yang semakin kecil atau mini. Kali ini, HP (Hewlett-Packard Inc) memperkenalkan PC workstation terbarunya, Z2 Mini, yang diklaim ’90 persen lebih kecil dibandingkan PC bisnis tradisional tipe tower’. Dikemas dalam casing jenis SFF (small form factor) berbentuk bujursangkar, Z2 Mini hanya berdimensi 21,59 cm x 21.59 cm x 5.79 cm dengan bobot sekitar 2 kg.

Meski sosoknya mini, spesifikasi hardware HP Z2 Mini sama sekali tidak ‘minimalis’. PC workstation berbentuk bujursangkar setinggi kurang dari 6 cm ini sudah menyertakan pilihan prosesor Intel Core i7, i5, i3, hingga prosesor paling gahar, Xeon E3-1200v5. Sayangnya, satu-satunya GPU ‘kelas berat’ yang didukungnya hanyalah Nvidia Quadro M620 (VRAM 2 GB).

""

Selain prosesor dan GPU, aroma workstation juga terlihat dengan dukungan kapasitas memori (RAM) dan storage yang besar. Kapasitas RAM (DDR4 SO-DIMM) bisa mencapai 32 GB, sedangkan media storage M.2 SSD berkapasitas 1,5 TB. Tersedia pula opsi storage performa tinggi berbasis SSD PCIe 3.0 yang disebut HP Z Turbo Drive (up to 512 GB).

Peruntukan Z2 Mini untuk menjalankan berbagai jenis aplikasi workstation sudah dibuktikan dengan adanya lebih dari 20 sertifikasi software profesional, seperti AutoCAD, MicroStation, Vectorworks, dan lain-lain. Raihan sertifikasi ini diklaim HP setelah Z2 Mini menjalni setdaknya 368 ribu jam pengujian aplikasi.

""

Berbeda dengan kebanyakan PC mini (SFF) , Z2 Mini tidak menyertakan port HDMI. Dukungan standar Thunderbolt 3 juga tidak disebutkan HP, meskipun Z2 mini sudah menyediakan port lainnya secar lengkap, seperti 2 port USB Type-C, 4 port USB Type-A, dan 3 port DisplayPorts untuk model tertinggi.

HP Z2 Mini akan tersedia bulan Desember ini dengan harga mulai dari US$ 699. Harganya akan meningkat jika Z2 Mini diperkuat dengan prosesor Intel Xeon dan discrete graphics Nvidia Quadro. Adapun Z2 Mini dengan prosesor terbari Intel Xeon E3 Kaby Lake diperkirakan baru akan hadir tahun depan.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS