March 17, 2016

Verisign: Transaksi Online Sudah Menjadi Aktivitas Umum Pengguna Internet Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Verisign: Transaksi Online Sudah Menjadi Aktivitas Umum Pengguna Internet Indonesia  

MOBITEKNO – Perlahan tapi pasti, kemudahan yang ditawarkan oleh Internet semakin memanjakan para penggunanya. Beberapa tahu yang lalu, walaupun Internet sudah ramai, tetapi sebagian besar orang masih belum percaya dengan transaksi yang dilakukan secara online. Namun kini, menurut laporan yang dikeluaran Global Web Index (GWI) Market Report 2015, justru transaksi online sudah menjadi aktivitas umum. Bahkan 62 persen pengguna Internet di Indonesia sudah membeli produk melalui Internet setiap bulannya.

Dengan hasil yang dikeluarkan GWI Market Report 2015 ini, menjadi bahan pertimbangan untuk produsen agar mulai membangun image produknya melalui sistem online. Dalam survei ini juga diketahui bahwa 41% masyarakat Indonesia mengunjungi website sebuah brand untuk mencari informasinya terlebih dahulu sebelum benar-benar membelinya. Kini, sulit bagi konsumen untuk merasa terhubung ke sebuah brand apabila mereka tidak mampu menemukannya secara online.

Laporan ini juga menjadi indikator bahwa saat ini website menjadi tempat yang efektif untuk membangun sebuah loyalitas kepada konsumennya. Oleh sebab itu, menurut Verisign, sangat penting untuk mempertahankan konten website agar bisa menyajikan berbagai hal yang benar-benar baru. Apalagi jika berkaitan dengan bisnis.

Verisign menganggap membangun loyalitas konsumen dan selanjutnya menjaganya agar tetap berkunjung ke sebuah website menjadi hal yang penting. Sebagus apapun sebuah website dibangun, jika tidak dikelola baik akan semakin menjauh dari konsumennya.

Guna menjaga hubungan yang baik dengan konsumen, menurut Verisign, selain menjaga konten, sebuah website juga harus:

1. Jujur dalam menerapkan kebijakannya: sikap jujur dengan apa yang sedang terjadi di websitenya bisa eambah kepercayaan konsumen. Ada baiknya semua masalah teknis yang berkaitan dengan konsumen diinformasikan dengan cepat.

2. Menginformasikan jika perbaikan website sudah selesai dilakukan: Website yang bermasalahmembuat konsumen tidak mau berkunjung. Oleh sebab itu agar loyalitas bisa terhubung kembali, lakukan pemberitahuan bahwa perbaikan telah selesai ke semua konsumen melalui media sosial, email, atau pesan sms.

3. Selalu Berikan Penawaran yang Menarik: Penawaran menarik menjadi daya tarik konsumen untuk datang ke website. Iming-iming hadiah seperti voucher belanga bisa mengembalikan kepercayaan konsumen.

Tags: , ,


COMMENTS