February 17, 2016

Agar Lebih Kompetitif di Pasar PC, VAIO, Toshiba, dan Fujitsu Bakal Lakukan Merger

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Agar Lebih Kompetitif di Pasar PC, VAIO, Toshiba, dan Fujitsu Bakal Lakukan Merger  

MOBITEKNO – Bulan Desember tahun lalu, laporan dari Jepang mengklaim bahwa tiga perusahaan elektronik, yakni Toshiba, VAIO, dan Fujitsu sedang bersiap untuk melakukan merger menjadi satu perusahaan baru.

Tahun ini, isu ini kembali menghangat setelah Bloomberg melaporkan bahwa, ketiganya akan segera membentuk perusahaan PC baru berskala besar untuk menghadapi iklim kompetisi pasar PC yang memang kurang menggembirakan beberapa tahun ini.

Bentukan perusahaan baru ini juga ditempuh Toshiba, VAIO, dan Fujitsu dalam rangka menghadapi perusahaan PC raksasa asal Tiongkok, Lenovo. Hegemoni Lenovo saat ini telah dibuktikan dengan keberhasilannya menjadi produsen PC nomor satu di pasar Jepang.

Menurut rencana, merger yang akan diumumkan bulan Maret ini akan menyatukan divisi PC dari Toshiba Corp. dan Fujitsu Ltd. dengan VAIO yang akan menjadi pemegang saham mayoritas di perusahaan baru tersebut.

Menurut Hidemi Moue, CEO Japan Industrial Partners Inc. (pemilih mayoritas VAIO), merger ini selain akan mengefisienkan biaya riset dan pengembangan, juga akan berdampak ada turunnya biaya produksi.

Sepak terjang perusahaan baru (jika merger terjadi) akan menarik untuk diikuti. Terutama seperti apa produk-poduk baru yang dirlisnya nanti, apakah tetap memakai merek dagang VAIO atau merek lain yang sama sekali baru. Kemungkan besar, kategori produk yang bakal dirilis nanti akan semakin beragam.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS