February 17, 2016

Alcatel Idol Pro 4 Mungkin akan Menjadi Smartphone Windows 10 Tercepat

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Alcatel Idol Pro 4 Mungkin akan Menjadi Smartphone Windows 10 Tercepat  

MOBITEKNO – Microsoft sudah meluncurkan smartphone flagship-nya, Lumia 950 dan 950 XL yang berbasiskan Windows 10 Mobile. Setelah itu, mobile OS andalan Microsoft tersebut belum banyak diadopsi produsen smartphone OEM besar lainnya untuk produk flaghship-nya, selain Acer dengan Liquid Jade Primo.

Namun, kabar Alcatel akan merilis smartphone flagship Windows 10 Mobile mungkin bisa menjadi angin segar bagi Microsoft yang salah satu visinya adalah membawa sistem Windows 10 ke dunia mobile.

Smartphone yang bakal diluncurkan Alcatel yang kini dimiliki perusahaan Tiongkok, TCL Communication, adalah Alcatel OneTouch Idol Pro 4. Meski smartphone seri Idol sebelumnya (Idol 4, Idol 4S) diketahui telah menggunakan Android OS, Alcatel dikabarkan akan memperuntukkan varian Idol Pro baru untuk platform Window 10.

Berbeda dengan smartphone high-end Windows 10 selama ini dengan chipset (SoC), seperti Snapdragon 810 (Lumia 950 XL) atau Snapdragon 808 (Lumia 950, Acer Jade Primo), OneTouch Idol 4 Pro dikabarkan akan ditenagai chip terbaru Snapdragon 820.

Seperti diketahui, chip Snapdragon 820 dari Qualcomm ini juga akan digunakan smartphone flagship Android yang akan dirilis awal tahun ini, seperti Samsung Galaxy S7/Edge, LG G5, atau Xiaomi Mi 5.

Selain menyematkan chipset nomor wahid, OneTouch Idol Pro 4 juga akan mendukung Continuum yang menjadi salah satu fitur andalan Windows 10 Mobile. Fitur Continuum memungkinkan penggunanya mengoptimalkan fungsi smartphone Windows 10 layaknya sebuah mini PC yang memproyeksikan tampilan aplikasi di layar monitor dengan bantuan docking khusus.

Layar smartphone Idol Pro 4 (Full-DH, 1080p) bisa difungsikan seperti sebuah touchpad di notebook untuk mengklik dan menggerakan kursor mouse yang tampil di layar monitor. Docking pun dapat dihubungkan dengan mouse dan keyboard jika pengguna ingin mendapatkan kenyaman ala PC.

Hingga kini belum dapat dipastikan apakah Alcatel akan meluncurkan OneTouch Idol Pro 4 yang berjulukan Superphone ini di ajang MWC 2016 akhir Februari ini. Mari kita tunggu saja.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS