August 15, 2016

Ini Fitur dan Spesifikasi Andalan Suzuki New SX4 S-CROSS di Segmen Crossover

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ini Fitur dan Spesifikasi Andalan Suzuki New SX4 S-CROSS di Segmen Crossover  

MOBITEKNO – Suzuki, melalui PT SIS (PT Suzuki Indomobil Sales) sudah memperkenalkan crossover varian terbarunya, New Suzuki SX4 S-CROSS, ke pasar Indonesia di ajang GIIAS 2016.

Penyempurnaan mesin M15A 1,5 VVT (tenaga 80 kW/109 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 nm pada 4.000 rpm), dan beberapa optimalisasi lainnya, PT SIS mengklaim konsumsi BBM/bahan bakar New SX4 S-CROSS kini menjadi lebih hemat dibandingkan SX4 sebelumnya.

Menurut keterangan pihak SIS, meski lebih hemat BBM dari SX4 sebelumnya, tenaga yang dihasilkan mesin M15A pada New Suzuki SX4 S-CROSS justru meningkat 9 HP.

Desain yang ergonomis, misalnya pada bagian sisi samping atau modul pintu juga disebut SIS juga memberikan kontribusi tersendiri dalam menekan konsumsi bahan bakar.

Menurut PT SIS, preferensi konsumen terhadap mobil jenis SUV medium di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Misalnya, saja konsumen mulai mencari SUV yang menawarkan keunggulannya kenyamanan bagi penumpang, ground clearance yang lebih tinggi agar bisa di berbagai medan jalan, serta desainnya yang menarik atau berbeda.

Selain mesin lebih bertenaga dan hemat BBM, fitur lainnya yang diandalkan New SX4 S-CROSS adalah headlamp yang telah dilengkapi dengan levelling device manual yang membantu dalam pencahayaan sesuai situasi dan kondisi yang ada.

Fitur baru yang secara tidak langsung berkontribusi membantu pengemudi dalam berkendara hemat bakar adalah multi-information pada speedometer. Fitur ini memberikan notifikasi (memandu) ke pengemudi untuk melakukan pergantian persneling pada New SX4 S-CROSS bertransmisi manual.
:
Hal menarik lainnya yang juga ditemui pada sistem persneling New SX4 S-CROSS adalah fitur paddle shift (varian AT atau transmisi otomatik). Paddle shift memungkinkan pengemudi mengganti gigi secara manual dengan cara menekan tuas di balik setir layaknya mobil Formula 1 (F1). Selain lebih nyaman, paddle shift juga memberikan level akselerasi dan torsi yang lebih tinggi.

Fitur andalan juga merambah ke aspek keamanan dengan hadirnya teknologi yang dijuluki TECT (Total Effective Control Technology). Dengan TECT, keselamatan penumpang meningkat karena rangka mobilnya telah dirancang untuk sanggup meredam dan mendistribusikan (energi) benturan akibat tabrakan.

Selain TECT, ada pula fitur ABS (Anti-lock Braking System) dengan dukungan ABD (Electronic Brake-Force Distribution). Kombinasi teknologi pengereman ini berfungsi meminimalisir dampak jika terjadi kecelakaan dengan mencegah roda yang terkunci sekaligus kontrol pengereman di setiap ban.

PT SIS menyiapkan idua model transmisi (transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 6-percepatan) untuk New Suzuki SX4 S-CROSS berturut-turut seharga mulai dari Rp 246,9 juta dan Rp 259,9 juta. Adapun pilihan warnannya tersedai dalam empat warna, antara lain urban blue, pearl arctic white, premium silver, dan granity grey.

Menurut Harold Donnel, 4W Product Development, PT. Suzuki Indomobil Sales, target konsumen untuk New Suzuki SX4 S-CROSS adalah para eksekutif muda (umumnya pria berkaitan dengan desainn crossover-nya yg kesehariannya membutuhkan mobil yang bukan hanya cocok di jalan perkotaaan, tapi juga siap di medan jalannan lainnya.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS