August 13, 2016

Sebagian Pengguna Zenfone Belum Bisa Bermain Pokemon GO, Asus Berikan Solusinya

Penulis: Desmal Andi
Sebagian Pengguna Zenfone Belum Bisa Bermain Pokemon GO, Asus Berikan Solusinya  

MOBITEKNO – Sampai saat ini, game berbasis Augmented Reality, Pokemon GO, masih populer dimainkan oleh para pengguna smartphone di berbagai negara, termasuk Indonesia. Kini, setelah resmi masuk ke Indonesia, Pokemon Go pun semakin banyak peminatnya karena sudah bisa di-download melalui Google Playstore.

Namun, ternyata masih ada beberapa kendala bagi beberapa pengguna tipe smartphone, seperti pengguna ASUS Zenfone. Sebagian masih tidak bisa men-download game ini dari Google Play. Padahal, pihak Asus Indonesia sudah menyatakan bahwa seluruh lini produk ASUS Zenfone mampu memainkan game ini.

“Dari sisi device, kita bisa konfirmasikan bahwa seluruh lini ASUS Zenfone, khususnya model terbaru sudah kompatibel dengan Pokemon GO,” kata Juliana Cen, Country Product Leader, ASUS Indonesia dalam rilisnya ke Mobitekno. “Memang, dari percobaan yang dilakukan oleh tim internal, beberapa model ASUS Zenfone seperti Zenfone Laser dan Zenfone Max belum dapat men-download langsung dari Playstore. Namun, perangkat lain seperti Zenfone 2 (Intel) dan Zenfone Go dapat sudah dapat men-download langsung. Masalah ini sudah kami konfirmasikan ke tim R&D di pusat,” tambah Juliana.

Menurut Juliana berdasarkan informasi yang didapat ASUS Indonesia, bandwidth issue menjadi masalah untuk beberapa model Zenfone karena belum masuk ke daftar white list di server Pokemon. “Untuk itu, tim kita di pusat terus mengupayakan ke pihak Niantic dan Google agar secepatnya seluruh tipe Zenfone bisa masuk ke dalam white list server Niantic,” pungkas Juliana.

Namun, untuk pengguna ASUS Zenfone yang masih tidak bisa men-dowload dari Playstore, mereka tidak prlu khawatir. ASUS memberikan solusi sementara untuk mereka agar bisa mendapatkan file instalasi yang aman. Agar pengguna ASUS Zenfone bisa turut serta bermain Pokemon GO, mereka bisa men-download file  APK-nya di alamat http://dlcdnsip.asus.com/pokemon/pokemon_go.apk.

File APK yang disediakan ASUS ini sudah mendapatkan izin resmi dari pihak Niantic. Sementara untuk cara dan proses instalasinya, pengguna ASUS Zenfone bisa mengunjungi forum resmi ASUS Zentalk di http://www.asus.com/zentalk/thread-91032-1-1.html.

“Pengguna tak perlu khawatir, jika ada versi terbaru dari aplikasi Pokemon Go, ASUS juga akan mengunggah update-nya di server tersebut,” sebut Juliana. “Mudah-mudahan tim kita di pusat bersama Google dan Niantic bisa segera memproses agar seluruh lini ASUS Zenfone masuk ke whitelist server Niantic agar pengguna bisa men-download langsung dari Google Play,” ucapnya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS