October 11, 2016

Bukan Jakarta, Tapi Jawa Timur Jadi Pasar Potensial Alfacart.com

Penulis: Eko Lannueardy
Bukan Jakarta, Tapi Jawa Timur Jadi Pasar Potensial Alfacart.com  

MOBITEKNO – Jawa Timur, khususnya Malang dan Sidoarjo, tercatat sebagai pasar paling besar bagi Alfacart.com. Jawa Timur menjadi pasar terbesar (42%) disusul Jabodetabek (33,69%) dan Jawa Tengah (17,66%). Untuk peringkat per kota, Malang menjadi kota dengan jumlah transaksi terbesar pertama (12,061%) dan Sidoarjo berada di posisi ketiga (6,061%) setelah DKI Jakarta (14,212%).
 
"Data transaksi terbaru Alfacart.com di tiga bulan pasca peluncuran sangat menggembirakan. Ini membuktikan bahwa Alfacart.com disambut baik oleh pasar. Fakta lainnya yang kami temukan, bahwa e-commerce tidak lagi hanya terkonsentrasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya," ujar Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Executive Officer, Alfacart.com. 

Di luar Jakarta, ditambahkan Catherine seperti Malang dan Sidoarjo, serta kota-kota lain seperti Rembang dan Klaten, Pontianak, serta Makassar pun menjadi pasar yang harus dicermati. Oleh karena itu, Alfacart.com terus berupaya menghadirkan layanan yang sesuai dengan karakteristik serta kebutuhan masyarakat setempat.
 
Selain belanja fashion dan gadget, pelanggan Alfacart.com juga memiliki keunikan preferensi belanja tersendiri, yaitu mereka juga berminat berbelanja yang selama ini banyak dipilih oleh konsumen untuk belanja langsung, seperti makanan dan minuman, keperluan rumah dan dapur, serta belanja untuk perlengkapan kantor.
 
Untuk kategori makanan dan minuman bahkan menempati posisi teratas di beberapa kota, termasuk Malang dan Sidoarjo. Kategori produk-produk lain dari Alfacart.com yang kini banyak diminati adalah kategori kebutuhan bayi, anak dan mainan, kesehatan dan kecantikan.
 
Catatan lainnya, pendekatan belanja O2O (Online to Offline) khususnya Layanan Pick Up di Toko Alfamart juga mendapatkan respon tinggi dari para pelanggan, baik di wilayah Jakarta maupun di luar Jakarta. Sebanyak 84% pelanggan di wilayah Jakarta dan 90,73% pelanggan di luar Jakarta melakukan pengambilan barang di toko Alfamart yang berfungsi sebagai pick up point.
 
Menurut Catherine, kecenderungan mayoritas pelanggan untuk memilih mengambil atau membayar barang-barang yang dibelinya di toko-toko Alfamart yang menjadi pick up point merupakan konfirmasi efektivitas kolaborasi Alfacart.com dengan lebih dari 7000 toko Alfamart di seluruh wilayah Indonesia. 
 
"Layanan O2O juga membantu para konsumen yang belum memiliki kartu debit atau kartu kredit untuk tetap dapat menikmati belanja kebutuhannya di Alfacart.com. Dukungan jaringan Alfamart juga membantu optimalisasi distribusi produk-produk yang dipesan dari Alfacart.com ke tangan pelanggan," pungkas Catherine.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS