July 3, 2017

JakPat: Toko Online Jadi Pilihan Belanja Praktis Selama Ramadhan

Penulis: Eko Lannueardy
JakPat: Toko Online Jadi Pilihan Belanja Praktis Selama Ramadhan  

MOBITEKNO – Bulan Ramadhan lalu jadi jadi momen dimana tingkat belanja masyarakat mengalami peningkatan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Menariknya, tahun ini kegiatan belanja online juga jadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri, khususnya dengan tersedianya beragam penawaran menarik dari perusahaan e-commerce yang ada.

Hasil riset yang dilakukan oleh JakPat, terhadap 1.000 responden dari 34 provinsi di seluruh Indonesia menemukan jika 65% responden mengaku berbelanja online satu hingga dua kali selama bulan Ramadhan. Dari angka ini, generasi millenial (18-35 tahun) khususnya dari kelas menengah, menjadi kalangan terbanyak yang berbelanja online. 

"Tingginya penggunaan internet di Indonesia menyebabkan adanya perubahan perilaku berbelanja masyarakat, yang kini lebih cenderung menggunakan situs dan aplikasi belanja online. Kebiasaan ini turut mempengaruhi pilihan metode belanja masyarakat di bulan Ramadhan," ujar Ainun Habibah, Corporate Relation JakPat.

Ditambahkan oleh Ainun lewat rilis yang diterima Mobitekno.com menyebutkan bahwa diantara berbagai perusahaan e-commerce di Indonesia, para pelaku belanja online ini menempatkan Shopee sebagai aplikasi belanja online yang paling diingat selama bulan Ramadhan berlangsung. Sebanyak 49,3% responden riset juga memilih Shopee sebagai pilihan belanja online mereka di bulan ini. 

Posisi berikutnya ditempati oleh Lazada dan Tokopedia yang masing-masing menarik 20,7% dan 16% responden. Sedangnak Bukalapak dan Elevenia menempati posisi keempat dan kelima sebagai tempat terfavorit untuk memenuhi kebutuhan mereka berbelanja secara online di bulan Ramadhan. 

Lebih lanjut lagi, dari hasil riset JakPat ini lebih dari 94% responden mengakui tiga aspek utama ini sebagai bahan pertimbangan utama mereka dalam memilih destinasi belanja online selama bulan Ramadhan, yaitu varian produk yang ditawarkan, promosi diskon Ramadhan yang menarik, serta bebas biaya pengiriman. 

Riset ini juga memaparkan lima kategori produk utama yang banyak dicari oleh masyarakat, termasuk fashion dan aksesoris wanita; gadget dan aksesorisnya; pakaian muslim; fashion pria; serta kategori perawatan dan kecantikan. Secara umum, hampir seluruh responden atau sebesar 97,3% juga menyatakan kepuasannya terhadap layanan yang diberikan oleh situs belanja online yang mereka kunjungi.

"Hasil riset yang kami lakukan menunjukkan bahwa aktivitas belanja online telah menarik perhatian dan menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Tren belanja online ini diprediksi akan terus bertumbuh ke depannya. Karenanya kami berharap hasil riset ini bisa memberikan tambahan informasi untuk memahami perilaku belanja online masyarakat, khususnya saat bulan Ramadhan tiba," pungkas Ainun.
 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS