June 10, 2016

Harga US$ 499, Lenovo Phab 2 Pro Jadi Smartphone Project Tango Pertama di Dunia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Harga US$ 499, Lenovo Phab 2 Pro Jadi Smartphone Project Tango Pertama di Dunia  

MOBITEKNO – Lenovo TechWorld di San Francisco sudah digelar dan smartphone Project Tango perdana, Phab 2 Pro, akhirnya resmi diumumkan secara langsung oleh Chairman dan CEO Lenovo, Yuanqing Yang. Setelah bocoran spesifikasinya sudah beredar beberapa hari sebelumnya, smartphone yang dikembangkan Lenovo bersama Google tersebut akhirnya siap hadir di pasar global pada September tahun ini seharga US$ 499.

Harganya yang relatif terjangkau meski dilengkapi dengan dua kamera tambahan (depth camera dan motion tracking camera) menjadi indikasi keinginan Lenovo dan Google untuk memperkenalkan teknologi AR (augmented reality) di smartphone secara luas di kalangan konsumen.

Phab 2 Pro berlayar 6.4 inci ini (IPS,. Resolusi QHD 1440 x 2560 pixel, 454 ppi) datang dengan sejumlah sensor agar smartphone tersebut bisa belajar dan mendeteksi ruangan di mana si pengguna berada. Kemampuannya mendeteksi berbagai obyek yang ada di dalam ruangan merupakan basis utama dalam penerapan teknologi AR dalam sebuah device.

Penerapan teknologi AR yang diusung Phab 2 Pro di dunia konsumen sangatlah luas. Baik Lenovo dan Google mengajak para develeper untuk mengembangkannya untuk penerapan yang lebih luas di berbagai sektor industri.

Lenovo berjanji akan menyediakan sekitar 25 aplikasi berbasis Tango yang siap di-download saat Phab 2 Pro dirilis September nanti. Bahkan mereka pun menargetkan akan siap dengan 100 aplikasi Tango di akhir tahun ini.

Pada demo ditampilkan bagaimana Phab 2 Pro bisa digunakan untuk membantu proses dekorasi atau renovasi ruangan, membantu para retailer untuk lebih mendekatkan produk/objek tertentu ke konsumen, dan membantu proses edukasi menjadi lebih interaktif.

Selain itu, Phab 2 Pro juga membuka kesempatan baru bagi para developer game untuk membuat berbagai genre game berbasis AR yang menawarkan game experience dan sensasi yang berbeda dibandingkan game standar.

Johnny Lee, Google Engineering Director Tango, yang melakukan beberapa demo dengan Phab 2 Pro juga mengumumkan perubahan nama ‘Project Tango’ menjadi ‘Tango’ saja mengingat status teknologinya yang sudah diimplementasikan pada produk konsumen (Phab 2 Pro). Johnny pun menambahkan bahwa teknologi Tango akan didukung secara langsung (native) pada mobile OS Google mendatang, Android N.

Phab 2 Pro dengan bodi metal unibody ini akan tersedia dalam dua warna (champagne gold dan gunmetal gray). Selain dua kameranya (kamera utama/belakang 16 MP dan kamera depan 8 MP), terdapat pula kamera dengan fitur IR, sebuah lensa fisheye lens, sensor sidik jari (fingerprint sensor), dan sejumlah sensor yang belum dijelaskan secara detail oleh Lenovo.

Seperti beberapa smartphone Lenovo lainnya, Phab 2 Pro telah mendukung teknologi audio Dolby Atmos dan audio capture Dolby 5.1. Mengingat ukuran layarnya yang relatif besar (5,5, inci), Lenovo telah menyisipkan baterai kapasitas besar (4.050 mAh, 2.4x fast charging) pada smartphone dengan dapur pacu chip Snapdragon 652 dan RAM kapasitas 4 GB tersebut.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS