December 3, 2016

Robot Industri Buatan Epson Hadir di Pameran Manufacturing Indonesia 2016

Penulis: Desmal Andi
Robot Industri Buatan Epson Hadir di Pameran Manufacturing Indonesia 2016  

MOBITEKNO – Sejumlah robot industri buatan Epson hadir untuk pertamakalinya di pameran manufacturing Indonesia 2016 yang berlangsung dari 30 November – 3 Desember 2016 di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Robot-robot industri ini terdiri dari robot dengan pergerakan 6-axis da 4-axis. Seri C8 yang merupakan lini produk robot SCARA Epson menjadi produk yangpaling menarik perhatian pengunjung di JI Expo.

Robot C8 mampu membawa beban hingga 8 kgdalam kecepatan tinggi. Melalui teknologi kontrol getaran yang menggunakan Quartz nicro Electro Mechanical Systems (QMEMS) Epson, robot ini memiliki kecepatan sudut dan umpan balik yang cepat serta responsif dalam membantu mengurangi getaran signifikan selama bergerak. Namun, walau mampu bergerak cepat dan dapat menahan bobot yang cukup berat, seri C8 ini merupakan robot teringan di kelasnya.

“Robot-robot industri milik Epson ini mampu melakukan banyak tugas dengan cepat melalui pemrograman yang tidak rumit. Dengan berbasis Windows, kontroler yang ada pun bisa memvisualisasikan gerakan robot secara realtime,” ujar Andryanto C. Wijaya selaku B2B head Sales & marketing Division Epson Indonesia. “Saat ini segmen industri yang kami targetkan untuk jenis robot buatan Epson ini adalah Elektronika dan Otomotif. Bahkan, kami sudah memiliki partner beberapa industri elektronika dan otomotif terkemuka di dunia,” tambah Andryanto.

""

Penerapan robot industri Epson di berbagai perusahaan di Indonesia memang belum lama. Namun, sudah banyak perusahaan di Indonesia yang ingin melakukan kerjasama da;am hal otomatisasi robot industri miliknya. Oleh sebab itu, Epson menawarkan beberapa tipe robot selain C8, seperti seri C4 dengan desain yang lebih kecil.

Secara global, menurut Federations of RObots diperkirakan dari tahun 2016 hingga 2018 instalasi robot akan meningkat, paling tidak rata-rata 15 persen per tahun. Di Asia dan Australia juga diperkirakan akan tumbuh sebanyak 18 persen dari 2016-2018. Dengan demikian, sekitar 1,3 juta robot industri terbaru akan diinstal di pabrik-pabril di seluruh dunia.

Di booth Epson, tidak hanya C8 yang tampil. Seri C4 yang memiki pergerakan 4-axis juga ada di sana. Bekerjasama dengan pihak ketiga, robot-robot Epson ini bisa melakukan banyak tugas, seusai dengan bentuk head yang dipasang di ujung lengan robot. Mulai dari pemasangan lampu LED, menyolder, hingga tugas yang membutuhkan presisi tinggi bisa dilakukan oleh robot tersebut.

“Kehadiran robot ini sangat membantu industri yang ada saat ini, terutama yang tidak bisa dikerjakan oleh tangan manusia karena membutuhkan tingkat presisi tinggi. Namun, bukan berarti kehadiran robot ini menggantikan SDM yang ada. Dengan kolaborasi dengan manusia, adanya robot justru bisa meningkatkan jumlah produksi dengan waktu dan energi yang lebih efisien,” tutup Adriyanto di booth Epson, JI Expo, Kemayoran, Jakarta.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS