December 13, 2015

Google akan Hadirkan Fitur Multi Window di Android N

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Google akan Hadirkan Fitur Multi Window di Android N  

MOBITEKNO – Salah satu alasan pertumbuhan pasar produk tablet beberapa tahun belakangan ini cenderung stagan adalah karena kemampuannya yang terbatas dalam fitur multitasking yang biasanya menjadi bagian dari aktivitas produktif seseorang. Saat pengguna ingin melakukan tugas tertentu, seperti mengetik, mengedit foto/gambar, programming, dan lain-lain, biasanya dia akan kembali mengunakan PC desktop atau notebook.

Hal ini disadari Google yang menjadi pembuat sistem operasi (OS) Android untuk tablet, yaitu Android. Google sebenaranya masih punya sistem operasi lainnya Chrome OS yang lebih cocok untuk aktivitas produktif, Namun, popularitas Android mau tidak mau membuat Google pun harus terus mengembangkan OS mobile tersebut sesuai tuntutan pengunanay di mas mendatang.

Fitur multitasking erat kaitannya dengan multi window. OS dari Microsoft, Windows sudah cukup lama menyertakan fitur ini pada beragam notebok dan tablet. Berbeda dengan Google dan Apple, Microsoft memegang prinsip satu OS untuk semua device. Hal ini semakin ditegaskan lagi denga niatnya menghadirkan Windows 10 dalam berbaga rupa computing device, baik mobile maupun non mobile.

Google perlahan mulai membocorkan sedikit informasi mengenai bakal hadirnya fitur multi window pada Android versi selanjutnya. Menurut rencana, Android N yang akan diliris tahun depan akan mengusng fitur multi window untuk pertama kalinya.

Meskipun beberapa vendor smartphone (misalnya Samsung) dan developer app sudah menawarkan fitur multi windows atau split screen pada produknya di Android, Google akan memengimplementasikan fitur ini seara resmi fitur ini pada tablet, phablet, smartphone.

Kebutuhan akan fitur multi window sudah mulai dirasakan saat penguna tablet Android besutan Google, Pixel C ingin digunakan untuk bekerja. Meskipun tablet Pixel C sudah menyediakan keyboard untuk aktivitas produktif, minimnya dukungan OS Android menjadikan Pixel C masih belum layak digunakan sebagai pengganti notebook untuk bekerja.

Perwakilan Google melalui forum Reddit AMA, mendiskusikan rencana mereka untuk meningkatkan fitur Android yang menunjang pekerjaan seseorang. Dikatakan Google, “Kami bekerja keras untuk menyempurnakan Android di form factor (Pixel C) tersebut. Banyak hal, seperti fitur multi-window menjadi fokus utama kami selama ini. Kami berharap fitur ini bisa segera dinikmati pengguna.”

Microsoft sudah lama menyediakan fitur multi window di Windows, disusul Google pada Android N kelak. Kini, tinggal Apple yang belum berbicara seputar fitur tersebut di OS mobile-nya iOS. Vendor Apple memang punya kebiasaan tidak mengumbar janji di awal. Terlepas dari ada atau tidaknya nanti fitur tersebut di iOS, para fans iPad atau iPhone biasanya akan tetap ‘sukarela’ menerimanya.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS