July 5, 2015

comScore: Apple Berjaya, Android Tetap Dominan di Pasar Amerika Serikat

Penulis: Eko Lannueardy
comScore: Apple Berjaya, Android Tetap Dominan di Pasar Amerika Serikat  

MOBITEKNO – Di pasar Amerika Serikat, Apple masih memiliki nama besar dengan kebarhasilannya menguasai pasar smartphone di negara tersebut. Menurut laporan yang dirilis comScore, Apple dalam kurun waktu tiga bulan (Meret hingga Mei 2015) berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 43,5 persen.

Laporan tersebut mengindikasikan kenaikan sebesar 1,8 persen dari sebelumnya, yakni 41,7 persen pada bulan Februari di tahun yang sama. Dengan demikian, Apple berhasil menduduki posisi pertama. Peeringkat dan ketiga dikuasai oleh Samsung dan LG yang masing-masing meraih pangsa pasar sebesar 28,7 persen dan 8,2 persen.

Sedangkan untuk sistem operasi yang terpasang di perangkat mobile, Android masih tetap yang mendominasi. Tercatat, hingga bulan Mei 2015 sistem operasi racikan Google tersebut menguasai pangsa pasar di Amerika Serikat sebesar 52,1 persen dan iOS sebesar 43,5 persen.

Meskipun begitu, Android nampaknya mengalami penurunan sebesar 0,7 persen dibandingkan pada bulan Februari lalu, yakni yang mencapai angka 52,8 persen. Justru hal positif diraih oleh Apple. Sistem operasi buatannya mampu naik hingga 1,8 persen.

Jika berbicara aplikasi populer yang sering digunakan dan berhasil menguasai pasar di Amerika Serikat, Facebook adalah jawabannya. Aplikasi besutan Mark Zuckerberg tersebut berhasil meraih angka sebesar 70,2 persen. Walaupun menduduki peringkat ketiga, aplikasi Facebook Messenger juga mendulang angka yang cukup tinggi, yakni 52,4 persen.

Hal menarik justru diperlihatkan oleh beberapa aplikasi besutan Google. Sebagai contoh, YouTube yang ada di peringkat kedua berhasil meraih pangsa pasar sebesar 59,1 persen. Aplikasi besutan Google lainnya yang juga mendulang kesuksesan adalah Google Play, Google Search, Google Maps, GMail yang semuanya masuk 10 besar.

 

Sumber: comScore

Tags: , , , , ,


COMMENTS