June 8, 2015

ComScore: Android Masih Populer, iOS Perlahan Naik di Rumah Sendiri

Penulis: Eko Lannueardy
ComScore: Android Masih Populer, iOS Perlahan Naik di Rumah Sendiri  

MOBITEKNO – Sistem operasi mobile buatan Google, Android masih menjadi yang populer di kalangan pengguna smartphone di Amerika Serikat. Di negara Paman Sam ini, Android tercatat menguasai sebesar 52,2 persen. Setidaknya, itulah laporan tiga bulan pertama tahun 2015 yang dirilis oleh ComScore.

Namun, nilai 52,2 persen tentu saja lebih rendah di raih Android jika dibandingkan dengan laporan yang juga dikeluarkan oleh ComScore pada kuartal keempat tahun 2014 lalu, yakni 53,2 persen. Hal ini imbas dari pergerakan iOS yang kini berhasil menguasai 43,2 persen atau naik dari 41,3 persen di akhir tahun lalu.

Lalu, bagaimana dengan sistem operasi mobile lainnya? Sistem operasi Windows Phone yang digarap oleh Microsoft berada di peringkat ketiga dengan pangsa pasar 3 persen. Peringkat keempat dan kelima diduduki oleh BalckBerry dan Symbian dengan perolehan masing-masing 1,5 persen dan 1 persen.

Laporan lainnya adalah terkait dengan pangsa pasar manufaktur smartphone. Di sini, Apple masish menduduki posisi puncak dengan raihan sebesar 43,1 persen. Sementara, di peringkat kedua diduduki oleh Samsung dengan pangsa pasar 28,6 persen dan selanjutnya diikuti oleh LG, Motorola dan HTC.

Terkait dengan pasar aplikasi mobile, terutama untuk Android dan iOS ComScore juga membuat laporannya. Tercatat, Facebook menjadi aplikasi paling populer dengan pangsa pasar mencapai 71,1 persen. Sementara posisi kedua dan ketiga diraih oleh aplikasi yang dikembangkan oleh Google, yakni YouTube dan Google Search.

Sumber: GSMArena  

Tags: , , ,


COMMENTS