January 17, 2020

Digital Talent Empowerment Program Resmi Digulirkan di Alibaba Cloud Day Indonesia 2020. Apa Tujuannya?

Penulis: Iwan RS
Digital Talent Empowerment Program Resmi Digulirkan di Alibaba Cloud Day Indonesia 2020. Apa Tujuannya?  

Mobitekno – Alibaba Cloud, anak perusahaan Alibaba Group, mengumumkan beberapa inisiatif kemitraan baru di ajang Alibaba Cloud Day Indonesia 2020, Kamis (16/01) yang dihadiri Iebih dari 2 ribu perwakilan dari berbagai perusahaan, termasuk para pengambil keputusan , developer, insinyur, UKM, hingga rintisan (startup).

Salah satu inisiatifnya di tahun 2020 adalah menjalin kerjasama atau kemitraan dengan berbagai pihak di Indonesia untuk bersama-sama mengembangkan bakat dan kompetensi digital di Indonesia.

Inisiatif ini dilatarbelakangi lantaran Alibaba Cloud melihat masih adanya kesenjangan antara pertumbuhan bisnis cloud dengan tenaga kerja yang menguasi keterampilan teknologi tersebut.

Inisiatif Alibaba Cloud diantaranya “Digital Talent Empowerment Program” yang merupakan kerjasama dengan beberapa universitas papan atas Indonesia, seperti Universitas Bina Nusantara dan Universitas Prasetya Mulya untuk menyediakan pelatihan cloud dan intelegensi digital bagi mahasiswa dan pelajar Indonesia.

Terkait hal ini, pada kegiatan Alibaba Cloud Day 2020 (16/1), pihak Alibaba sendiri mengungkapkan kedepannya akan menawarkan pelatihan IT tingkat lanjut bagi developer di Indonesia dengan menggandeng lembaga pelatihan global, Trainocate.

Alibaba Cloud juga akan menyediakan program pelatihan dan workshop bagi sekitar 60 tenaga pengajar dari dua universitas tadi. Langkah ini sendiri bertujuan untuk mendorong para pengajar dari dua universitas tadi untuk membagikan pengetahuan tentang cloud computing kepada para mahasiswa mereka.

Leon Chen (Head of Alibaba Cloud Indonesia) berjabat tangan dengan Edy Salim (VP of IT Planning and Architecture Adira Finance), disaksikan oleh Selina Yuan (President of International Business Alibaba Cloud Intelligence) dalam acara Alibaba Cloud Day di Jakarta (16/1/2020).

 

“Saat ini semakin banyak bisnis di Indonesia yang menggunakan cloud sebagai penyokong bisnis mereka dan hal ini menyebabkan tingginya permintaan akan talenta yang memiliki pengetahuan berbasis cloud dan intelegensi data,” ujar Selina Yuna, President of Alibaba Cloud Intelligence International pada Alibaba Cloud Day Indonesia 2020.

Selain mengumumkan kemitraan dengan dua universitas, pihak Alibaba juga mengumumkan keberhasilannya melakukan proses transformasi digital di beberapa perusahaan Indonesia, seperti JNE Express, Adira Finance hingga MNC Group.

Adapun inisiatif peningkatan keterampilan digital di dunia startup, Alibaba Cloud melakukan kemitraan dengan BLOCK71 Jakarta, inkubator yang mendukung wirausaha di Indonesia.

Alibaba Cloud akan menawarkan sumber daya cloud untuk startup terpilih di komunitas BLOCK71 yang berpartisipasi dalam Create@AlibabaCloud, kompetisi startup yang diselenggarakan setiap tahun oleh penyedia layanan cloud. Kedua pihak juga akan bersama-sama mengelola networking, kegiatan workshop dan acara pitching secara rutin.

“Kemitraan ini akan membuka peluang baru untuk komunitas teknologi dan menghadirkan platform bagi para pegiat teknologi untuk meningkatkan skala bisnis mereka hingga dapat bersaing di salah satu industri teknologi yang berkembang paling pesat,” ujar Leon Chen, Head of Alibaba Cloud Indonesia.

Leon juga mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik rencana pemindahan ibu kota Indonesia di tahun 2024. Alibaba tidak hanya siap menjalin kerja sama dengan pemerintah, tapi juga dengan berbagai pihak, seperti para mitra lokal. Terkait seperti apa investasi di ibukota baru, Leon menyebit jika pihaknya akan berkontribusi dalam membagi pengetahuannya di bidang teknologi untuk peningkatan sumber daya manusia di Indonesia.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS