November 30, 2019

Sasar Sektor UMKM Indonesia, Grab bersama Microsoft Lahirkan Grab for Business 365

Penulis: Rizki Romdoni
Sasar Sektor UMKM Indonesia, Grab bersama Microsoft Lahirkan Grab for Business 365  

Mobitekno – Sektor bisnis UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Melansir data dari Asosiasi UMKM Indonesia, dari sekitar 63 juta pelaku UMKM di Indonesia baru sekitar 8 persen atau 15 juta yang memanfaatkan platform online. Kondisi inilah yang dimaksimalkan oleh Grab bersama Microsoft dalam mengembangkan Grab for Business 365.

Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kemitraan Grab dengan Microsoft untuk mendukung perkembangan bisnis nasional dengan teknologi. Layanan ini merupakan solusi yang akan menyediakan manajemen dari aktivitas bisnis perusahaan yang mudah, visualisasi data yang dipersonalisasi serta saluran komunikasi yang lebih mudah untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

Hadir dalam peluncuran Grab for Business 365, Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia, mengatakan, “Kami terus berupaya menghadirkan inovasi yang dapat mendukung bisnis untuk terus maju, dan salah satunya melalui kehadiran Grab for Business. Untuk meningkatkan produk ini dan melayani lebih banyak pelanggan, bersama dengan Microsoft Indonesia, kali ini kami menghadirkan Grab for Business 365, sebuah inisiatif hyperlocal kami untuk membantu bisnis dalam mengelola aktivitas transportasi mereka,”

Ia melanjutkan, “Sasaran kami adalah UMKM yang ingin mengelola bisnisnya agar lebih efektif dan efisien,”

Terobosan Grab for Business 365 lahir dari pemahaman market di Indonesia mengenai kesulitan dalam pengelolaan aktivitas bisnis sehari-hari, seperti mengatur dan administrasi persetujuan dari tim manajemen untuk perjalanan bisnis secara lokal, pendataan bukti transaksi, hingga jumlah voucher untuk transportasi yang tersebar dalam melakukan perjalanan bisnis. Kerumitan proses ini mengakibatkan kinerja perusahaan yang kurang efisien dan menghambat produktivitas.

Haris Izmee, President Director Microsoft Indonesia menjelaskan bahwa perusahaan di Indonesia harus terus berinovasi agar dapat lebih produktif dan kompetitif. Kehadiran Grab for Business 365 lebih kepada menekankan kesamaan visi yaitu untuk menghadirkan teknologi yang dapat menjadi solusi pengelolaan setiap aktivitas bisnis yang dimiliki.

“Melalui implementasi solusi berbasis cloud Office 365 dan Microsoft Teams, kami berupaya untuk menciptakan sistem terpadu yang lebih efektif.” urai Izmee.

Grab for Business 365, merupakan bundled product yang berkolaborasi bersama Office 365 untuk menawarkan kemudahan dalam.

  • Proses pengajuan dan persetujuan perjalanan bisnis

Karyawan dapat mengajukan proposal untuk perjalanan bisnis yang akan dilakukannya dan tim manajemen dapat mengecek sekaligus memberi persetujuan melalui sistem. Semuanya terdata dengan informasi yang lengkap.

  • Visualisasi data yang dipersonalisasi untuk pendataan real-time

Secara real-time perusahaan akan mendapat laporan dari perjalanan (atau trips) yang telah dilakukan oleh penggunanya. Perusahaan juga dapat memahami pola dan waktu penggunaan sehingga dapat memberi masukkan untuk perjalanan bisnis selanjutnya.

  • Platform berkomunikasi yang terkoneksi dengan Microsoft Teams

Dengan platform yang terintegrasi, komunikasi menjadi lebih mudah dan efektif. Layanan Grab for Business 365 kini tersedia bagi pengguna Microsoft Office 365 yang bisa mendaftar untuk pelayanan perjalanan korporat.  Untuk pengguna Grab for Business, Microsoft Office 265 bisa diakses secara gratis selama enam bulan pertama (syarat dan ketentuan berlaku).

Tags: , , , ,


COMMENTS