May 27, 2019

Fiat Chrysler Automobiles Mengonfirmasi Pembicaraan Merger dengan Renault

Penulis: Rizki Romdoni
Fiat Chrysler Automobiles Mengonfirmasi Pembicaraan Merger dengan Renault  

Mobitekno – Fiat Chrysler Automobiles baru-baru ini telah membuat proposal “merger transformatif” kepada Renault dalam kesepakatan yang akan menciptakan pemimpin dunia dan membantu mengatasi beberapa kelemahan di Renault dan Fiat. Fiat mengatakan bahwa bisnis gabungan akan menjadi 50% dimiliki oleh pemegang saham FCA dan 50% dimiliki oleh orang-orang Renault.

Tekanan untuk konsolidasi di antara pembuat mobil telah tumbuh dengan tantangan yang ditimbulkan oleh elektrifikasi, pengetatan regulasi emisi dan teknologi baru yang mahal sedang dikembangkan untuk kendaraan yang terhubung dan otonom.

Renault, Nissan, Mitsubishi Membahas Merger di Masa Depan

Sebelumnya, pada Sabtu (25/5), Jean-Dominique Senard, CEO Renault menyebutkan bahwa Renault, Nissan dan Mitsubishi kemungkinan akan membahas merger.

“Diskusi mengenai merger kapitalistik telah dilakukan untuk sementara, dan mereka dibawa ke dalam situasi dramatis baru-baru ini,” kata Senard dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio France Inter. “Saya pikir nanti, saat acara berlangsung, Renault, Nissan dan Mistubishi akan memikirkannya dengan tenang.”

Untuk saat ini, perusahaan sedang berupaya untuk mengoptimalkan aliansi mereka, kata Senard. Pembicaraan tentang kemungkinan merger selama beberapa hari terakhir “telah menakuti semua orang”.

Penghapusan CEO Renault Carlos Ghosn yang dikreditkan karena menyelamatkan Nissan dari kebangkrutan pada tahun 1999, dari kepala aliansi telah menimbulkan situasi ketidakpastian tentang masa depannya. Alih-alih Nissan merenungkan masa depannya tanpa Ghosn yang dituduh melakukan pelanggaran keuangan, Renault diam-diam bermanuver untuk pembicaraan merger.

Namun Ghosn membantah tuduhan tersebut.

Tags: , , , ,


COMMENTS