September 26, 2019

Wujudkan Kontribusi Sosial, Grab Luncurkan Program “Grab For Good”

Penulis: Karyo | Editor: Rizki Romdoni
Wujudkan Kontribusi Sosial, Grab Luncurkan Program “Grab For Good”  

Mobitekno – Sebagai upaya mewujudkan kontribusi sosialnya di kawasan Asia Tenggra, Grab sebagai super app terkemuka di Asia Tenggara telah mengumumkan program kontribusi sosialnya untuk masyarakat Asia Tenggara dengan nama ‘Grab for Good’. Acara peluncuran program ini dihadiri oleh tiga Menteri RI sekaligus, yaitu Menteri Keuangan – Sri Mulyani Indrawati , Menteri Perindustrian – Airlangga Hartarto dan Menteri Perhubungan – Budi Karya Sumadi.

Program ini merupakan misi Grab yang harus dicapai hingga tahun 2025 yang dimasudkan untuk meningkatkan keterampilan dan menyediakan kesempatan kepada lebih banyak masyarakat Asia Tenggara dalam menyambut masa depan ekonomi digital. Program itu dimaksudkan untuk mendorong mereka untuk menjadi bagian dari ekonomi digital yang tengah tumbuh dengan pesat dan memberikan mereka lebih banyak pilihan serta kesempatan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik.

Menurut CEO dan co-founder Grab Anthony Tan, inti dari “Grab for Good” adalah membangun sebuah platform yang inklusif, dan telah menjadi komitmen Grab untuk menciptakan dampak positif dan berkelanjutan di setiap wilayah operasinya.

“Asia Tenggara siap menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia pada tahun 2030, namun pada kenyataannya tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk ikut tumbuh bersama Asia Tenggara yang tengah tumbuh,” ujar Anthony Tan saat peluncuran Grab for Good di Jakarta, Selasa (24/9).

“Jika sektor swasta secara aktif menciptakan program-program untuk komunitas lokal, maka teknologi dapat lebih dijangkau oleh lebih banyak orang, dan proses pembelajaran keterampilan-keterampilan baru dapat dengan segera mengubah kehidupan lebih banyak orang di Asia Tenggara,” jelas Anthony.

Ada tiga misi besar yang diusung Grab dalam program ini yang meliputi peningkatan inklusi dan literasi digital di Asia Tenggara, pemberdayaan wirausahawan mikro dan bisnis skala kecil, dan penyiapan angkatan kerja yang siap menyambut masa depan.

Untuk mencapai misi-misi tersebut, Grab mengumumkan dua inisiatif unggulan di bawah program “Grab for Good”; sebuah pelatihan peningkatan keterampilan dan literasi digital yang bekerja sama dengan Microsoft, dan inisiatif “Mendobrak Sunyi”, yang memberikan kesempatan bagi teman Tuli dan orang dengan keterbatasan pendengaran untuk dapat berpartisipasi lebih baik dalam ekonomi digital melalui ekosistem Grab.

Dua inisiatif ini merupakan permulaan dari rencana tahunan Grab untuk mendukung setiap orang dan bisnis skala kecil dengan kemampuan teknologi yang krusial, serta sebagai pembekalan agar bisa berkembang dalam ekonomi digital baru. Inisiatif lainnya akan diumumkan selanjutnya tahun ini.  

Terkait kolaborasi bersama Microsoft, Grab akan menjembatani kesenjangan keterampilan digital. Kolaborasi tersebut akan membekali para pekerja dengan kemampuan teknologi yang dibutuhkan agar dapat berkembang dalam ekonomi digital.

Lewat inisiatif tersebut, Grab dan Microsoft akan membangun keterampilan teknis bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Saat ini, dua perguruan tinggi yang sudah bekerja sama adalah Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Sementara untuk mitra pengemudi juga dapat mendapatkan akses mendapatkan program sertifikasi literasi digital dari Microsoft. Ada pula jalur bagi mitra pengemudi untuk mengejar karier di bidang teknologi. Sedangkan inisiatif ‘Mendobrak Sunyi’ (Break the Silence) ditujukan untuk memperluas kesempatan bagi pengemudi tuli merasakan manfaat ekonomi digital, melalaui platform Grab.

Grab telah mengumumkan kerja sama dengan Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) di Indonesia, Malaysia Federation of the Deaf, Singapore Association of the Deaf, dan National Association of the Deaf Thailand untuk meningkatkan penerapan serta advokasi pentingnya inklusivitas untuk mendukung teman Tuli dan orang dengan keterbatasan pendengaran di Asia Tenggara.

Selain meluncurkan program ‘Grab For Good’  kedepannya Grab juga akan  meningkatkan sejumlah fitur baru di aplikasi termasuk  untuk memudahkan mitra pengemudi tuli berkomunikasi dengan pelanggan.

Tags: , , , , ,


COMMENTS