December 23, 2019

Telkomsel Tawarkan Solusi CloudX, Layanan Komunikasi Terintegrasi Cloud Tanpa Perlu Investasi Besar

Penulis: Rizki Romdoni
Telkomsel Tawarkan Solusi CloudX, Layanan Komunikasi Terintegrasi Cloud Tanpa Perlu Investasi Besar  

Mobitekno – Telkomsel sebagai operator telekomunikasi digital senantiasa mengedepankan prinsip customer-centricity dalam menyediakan ragam produk dan layanan digitalnya bagi konsumen, termasuk untuk segmen business-to-business (B2B). Baru-baru ini, Telkomsel mengumumkan ketersediaan solusi Virtual Private Automatic Branch Exchange (PABX), akses jaringan komunikasi telepon secara internal dan eksternal untuk optimalisasi operasional korporasi.

Hadirnya layanan melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise sebagai penyedia solusi bisnis untuk segmen perusahaan, pemerintahan, hingga UMKM, CloudX merupakan layanan komunikasi terintegrasi berbasis cloud. Selain menghadirkan fitur Virtual PABX, CloudX juga menyediakan fitur lain seperti Hosted Contact Center dan Unified Communication untuk mengoptimalkan komunikasi perusahaan agar bisa menghubungkan seluruh karyawan sekaligus terhubung dengan pelanggan di mana pun dan kapan pun.

Integrasi cloud untuk kebutuhan komunikasi perusahaan memberikan efisiensi lebih dari sisi biaya dan operasional ketimbang menggunakan infrastruktur on-premises.

Senior Vice President Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan, “Melalui produk CloudX, Telkomsel menjawab kebutuhan perusahaan terhadap jaringan komunikasi terintegrasi yang tidak memerlukan investasi besar, dan tetap memiliki fitur yang kaya dan pengamanan data terdepan.” katanya dalam siaran resmi yang diterima redaksi Mobitekno, Senin (23/12).

Tampilan dashboard CloudX yang terintegrasi

Implementasi CloudX juga dapat menumbuhkan produktivitas karyawan dengan meningkatkan kolaborasi antar karyawan, karena layanan tersebut dapat diakses dari berbagai macam medium, mulai dari deskphone, perangkat mobile, hingga laptop. Fleksibilitas tersebut juga memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam menghubungi atau menerima panggilan dari pelanggan melalui layanan hosted contact center yang dapat dipadukan dengan kapabilitas contextual communication.

Selain itu, melalui CloudX, pelanggan korporasi juga dapat mengontrol seluruh pengguna secara mudah melalui konfigurasi terpadu dalam satu sistem dashboard yang terintegrasi. Hal tersebut memungkinkan perusahaan untuk lebih fleksibel dalam melakukan perluasan implementasi CloudX ke berbagai lokasi operasional perusahaan. Pemanfaatan teknologi cloud pada layanan tersebut juga memudahkan perusahaan dalam mengembangkan CloudX, karena tidak perlu membangun jaringan baru.

“Selain menghadirkan beragam fitur terdepan, Telkomsel Enterprise juga memastikan layanan CloudX memiliki sistem pengamanan data yang terjamin sehingga akan menghadirkan rasa aman bagi penggunanya. Untuk itu, Telkomsel Enetrprise telah berkolaborasi dengan mitra terkemuka dan berpengalaman yakni Metaswitch Network, sebuah perusahaan penyedia software dan infrastruktur telekomunikasi terkemuka asal Inggris,” kata Dharma.

Dirinya berharap, hadirnya CloudX akan terus mengakselerasikan teknologi digital dengan mengajak seluruh pelanggan korporasi, instansi pemerintahan, hingga pelaku bisnis UMKM untuk melakukan implementasi dalam kegiatan operasionalnya sehingga siap menghadapi tantangan transformasi digital.

Saat ini, CloudX dari Telkomsel Enteprise telah dipercaya untuk diterapkan dalam operasional Roche Indonesia, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang farmasi dan diagnosis.

Tags: , , ,


COMMENTS