August 18, 2019

D-Link DIR-878 Dual Band, Solusi Cerdas untuk Dapatkan Bandwidth Stabil

Penulis: Desmal Andi
D-Link DIR-878 Dual Band, Solusi Cerdas untuk Dapatkan Bandwidth Stabil  

Mobitekno – Sampai saat ini, sebagian orang masih membayangkan router itu merupakan perangkat yang sulit untuk digunakan. Bukan hanya setting perangkatnya terhadap berbagai kabel jaringan, setting dari sisi software-nya pun juga dianggap membingungkan bagi banyak orang. Tapi tidak dengan router yang satu ini. D-Link DIR-878 dengan teknologi AC1900 MU-MIMO Dual Band Wi-Fi Gigabit ini mampu dioperasikan dengan mudah,baik dari desktop maupun aplikasi di smartphone.

D-Link DIR-878 merupakan sebuah router dengan empa antenna di sekelilingnya agar bisa memancarkan signal Wi-Fi dengan kuat ke berbagai perangkat mobile di lingkungan rumah maupun bisnis kecil Anda. Router ini mampu bekerja stabil memancarkaan signal Wi-Fi, baik melalui signal 2.4GHz maupun 5GHz.

Berkat teknologi MU-MIMO, D-Link DIR-878 memberikan bandwidth stabil sehingga berbagai konten yang mengalir melalui router ini bisa berjalan stabil, tanpa terputus mapun lag. Stabilnya bandwidth ini tentunya juga menguntungkan bagi yang gemar memainkan game online. Berikut ini ulasan Mobitekno setelah menggunakan Router D-Link DIR-878 untuk beberapa minggu.

D-Link DIR 878

 

Kelengkapan

Dalam paketnya yang cukup besar, D-Link menyusun router beserta kelengkapan lainnya dengaan cukup rapi dan padat. Perangkat router dengan warna hitam terlihat jelas saat kemasan dibuka. Berikut ini isi lengkap dalam paket penjualannga:

  1. Router D-Link DIR-878 AC-1900 MU-MIMO W-Fi Gigabit berwarna hitam
  2. Power Adapter untuk mengantarkan daya listrik ke perangkat
  3. Kabel Ethernet RJ-45
  4. Buku petunjuk singkat cara install perangkat

D-Link DIR 878

 

Desain

Saat perangakt dikeluaarkan dari kotk kemasannya, sekilas bentuknya tidak jauh berbeda dengan router-router lainnya. Bagian belakang tampak jejeran port untuk koneksi. Sementara sisi-sisi lainnya digunakan untuk ventilasi udara. Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas setiap sisi perangkat.

Di bagian atas terlebih dahulu. Di sini, desain permukaan dibagi dua. Dua pertiga tampil mulus dengan karakter permukaan agak kasar. Kemudian sepertiga lainnya tampil dengan glossy dan berkarakter garis-garis horizontal. Desain ini membuat tampilan router terlihat tidak terlalu kaku. Masih di bagian atas, terdapat empat lampu LED sebagai indikator kerja router. Keempat indikator tersebut untuk fungsi status on atau off perangkat, status tersambung atau tidaknya koneksi internet, status signal 2.4GHz,dan status 5GHz. Kondisi akan berlangsung baik jika semua lampu indikator ini menampilkan waarna hijau.

 

Indikator

4 indikator di bagian atas

Beralih ke sisi belakang. Di sini letak banyak port untuk menghubungkan router dengan perangkat lainnya agar berfungsi maksimal. Dimulai dari kiri, tersedia 4 port LAN untuk menghubungkan perangkat yang butuh internet dengan kabel LAN. Berikutnya menyusul satu port WAN untuk menghubungkan router dengan sumber Internet dari operator. Dua tombol kecil untuk reset dan setting WPS menyusul berikutnya. Tiga terakhir adalah tombol Wifi, port untuk kabel power, dan tombol On/Off untuk mematikan atau menghidupkan perangkat tanpa harus mencabut kabel power. Semua port yang ada di bagian belakang diapit dengan konektor untuk ua antenna.

Dlink DIR878

Sisi kiri dan kanan hanya untuk masing-masing satu konektor antenna lainnya. Selebihnya adalah lubang-lubang ventilasi untuk aaliran udara saat router bekerja. Ventilasi penuh ada di bagian bawah dimana sebagagian besar permukaaannya berlubang. Di bagian bawah juga terdapat dua buah lubang untuk menggantung router di dinding.

bawah

 

Fitur dan Performa

Kecil-kecil cabe rawit, begitulah tampaknya ungkapan dari kami terhadap router D-Link DIR-878 ini. Hal ini terlihat dari banyaknya fungsi dalam bagian pengaturannya (Settings). Ada banyak fitur yang bisa diatur dengan mudah. Mobitekno hanya memanfaatkan fitur yang umum saja dan banyak digunakan oleh konsumen.

Fitur pertama yang kami sorot adalah proses instalasi yang mudah dalam sebuah wizard. Pengguna tinggal download aplikasi “D-Link Wi-Fi” dari Google Playstore. Semua proses instalasi perangkat bisa dilakukandari aplikasi ini.

D-Link Wi-Fi

Fitur berikutnya adalah Quality of Service (QoS). Fitur ini dapat mengelompokkan perangkat mana saja yang terhubung ke router akan diprioritaskan. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki perangkat yang harus bekerja dengaan Wi-Fi tanpa gangguan. Anda bisa meletakkan prioritas perangkat yang terhubung ke dalam tiga kelompol prioritas, yaitu Highest, High, dan Medium.

Quality of Service

Quality of Service

Router D-Link DIR-878 juga dilengkapi dengan pengaman Firewall. Setting bisa ditemukan dengaan mudah dan hanya meminta akses untuk pengguna agar mengaktifkan setiap bagian yang ingin diamankan.

Website Filter juga menjadi satu fitur yang berguna untuk mengamankan beberapa konten website yang tidak ingin diakses oleh pengguna yang terhubung ke router. Ada dua pilihan yang ada, pertama adalah apakah Anda akan memblok semua website, kecuali hanya yang Anda daftarka saja atau Anda bisa memblok website-website yang didaftarkan saja. Kedua pilihan ini cukup berguna, terutama jika router digunakan di rumah dan diakses oleh seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak.

firewall

Firewall

Fitur lainnya adalah Guest Zone yang memungkinkan Anda untuk membuat satu akses untuk para tamu tanpa harus masuk ke jaringan Wi-Fi utama. Metode ini bisa mengamankan jaringan dari tangan-tangan jahil yang memanfaatkan koneksi Wi-Fi.

Masih banyak fitur lainnya yang berguna seperti Quick VPN, penggunaan dynamic DNS yang memudahkan pengguna, hingga LOG yang dapat menyimpan catatab-catatan penting dari kinerja router.

Kini bagaimana dengan performa. Saat diuji, router ini dapat mewujudkan keinginan yang kami minta, yaitu koneksi yang stabil, tanpa hambatan, dan sesuai dengan kecepatan yang disediakan provider internet. Keadaan router yang kami tempatkan di sebuah ruang tembok di bagian tengah juga masih dapat memberikan signal terbaiknya di ruangan lainnya.

Salah satu hal menarik adalah penggunaan band 5GHz. Anda bisa mendapatkan kecepatan transfer yang tinggi jika menggunakan jalur 5GHz. Koneksi cepat ini penting untuk mengakses konten-konten seperti video steaming atau untuk bermain game. Selama penggunaan, koneksi yang kami dapatkan cukup stabil, tidak ada kendala terutama saat digunakan menonton video maupun game.

Spesifikasi

Router D-Link DIR-878 ini mampu bekerja maksimal dalam mengaantarkan signal dari provider internet ke perangkat mobile pengguna dengan lancar tanpa kendala. Semua ini tentunya berkat spesifikasi yang hadir dalam perangkat. Untuk spesifikasinya sendiri bisa dilihat dalam tabel berikut.

Name AC1900 MU-MIMO Wi-Fi Gigabit Router
Wireless Speed 1900Mbps (2.4G + 5G)
SDRAM 128MB
Flash 16MB
Antenna Type External Fixed Antenna (4×4+4×4)
WAN 1(10/100/1000)
LAN 4 (10/100/1000)
QuickVPN Yes
Static IP Yes
Dynamic IP (DHCP) Yes
PPPoE Yes
L2TP Yes
PPTP Yes
Static IPv6 Yes
PPPoE (IPv6 over PPPoE) Yes
WPS (Wi-Fi Protect Setup) Yes (PIN/Button)
WPA-PSK (Personal) Yes
WPA2-PSK (Personal) Yes
Guest Zone Yes
Wi-Fi Mesh N/A
MU-MIMO Yes
D-Link Wi-Fi Available in future
D-Fend N/A
D-Link QRS Mobile N/A

Kesimpulan

Menggunakan D-Link DIR-878 membuat semua perangkat yang terhubung dapat menikmati konten internet dengan lancar. Koneksi boleh dibilang tanpa gannguan. Mulai dari video sreaming hingga online gaming sesuai dengan yang kami harapkan. Namun tetap, semua bergantung kepada koneksi dari Internet providernya.

Dengaan dukungan aplikasi mobile, router ini mampu membuang anggapan bahwa setting sebuah router itu rumit dan susah. Aplikasi yang dihadirkan cukup user friendly sehingga mampu dimengerti oleh semua orang. Router juga dapat bekera pintar sehinggaa pengguna tidak perlu melakukan setting yang rumit, karena beberapa bagian diatur oleh router melalui fitur pintarnya (SmartConnet).

Untuk ukuran rumah tangga atau bisnis skala kecil, D-Link DIR-878 sudah mampu menangani masalah koneksi internet untuk beberapa perangkat mobile di sekitarnya. Desainnya yang tidak kaku juga bisa membuat router ditempatkan di berbagai permukaan, termasuk dinding, sehingga keberadaannya tidak mengganggu banyak orang.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS