July 15, 2019

Review Samsung Galaxy S10e: Versi Termurah yang Fungsinya Lebih Dari Cukup

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy S10e: Versi Termurah yang Fungsinya Lebih Dari Cukup  

Mobitekno – Samsung Galaxy S10 sebenarnya sudah hadir sejak akhir Februari 2019. Ada tiga varian yang dibawa Samsung untuk smartphone ini, yaitu Samsung Galaxy S10+, Samsung Galaxy S10, dan Samsung Galaxy S10e. Masing-masing varian memiliki kelebihan yang dapat memanjakan penggunanya. Ketiga varian tersebut sudah sempat kami cicipi. Namun, untuk Samsung Galaxy S10e kamu uji dalam waktu yang cukup lama.

Berbeda dengan dua varian di atasnya, Samsung Galaxy S10e memiliki ukuran layar yang paling kecil. Akan tetapi, ukuran ini kami rasa yang paling pas di genggaman. Layar di bawah 6 inci membuat smartphone ini begitu mudah dibawa-bawa dan diletakkan di dalam saku.

Agar mendapatkan pengalaman yang maksimal, Samsung Galaxy S10e ini kami jadikan smartphone harian untuk menemani aktivitas rutin.  Mulai dari bekerja, melakukan foto di perjalanan, selfie, hingga membuat video super slow motion menjadi aktivitas yang sering dilakukan saat memegang smartphone ini. Hasilnya tentu tidak mengecewakan.

utama 2

 

Kelengkapan

Samsung Galaxy S10e datang ke redaksi dalam sebuah paket yang lengkaap. Kemasan paketnya yang berwarna hitam membuatnya menjadi lebih elegan. Saat dibuka, tampak banyak aksesori pendukung smartphone yang dapat digunakan agar fungsi smartphone menjadi lebih maksimal, aman, dan nyaman  digunakan.

Berikut ini paket lengkap Samsung Galaxy S10e

  1. Unit smartphone Samsung Galaxy S10e berwarna hitam
  2. Kabel data USB Type C berwarna hitam, yang dapat berfungsi sebagai kabel charger
  3. Adapter yang mendukung fast charging
  4. Konverter micro USB ke USB Type C
  5. Casing berwarna hitam dengan desain unik
  6. SIM Card Ejector
  7. Wireless Earphone AKG
  8. Kartu garansi dan buku petunjuk singkat

kelengkapan

Desain

Samsung Galaxy S10e hadir dengn ukuran layar 5,8 inci, lebih kecil dibandingkan Galaxy S10 yang berukuran 6,1 inci atau Galaxy S10+ yang berukuran 6,4 inci. Ada beberapa keuntungan dengan ukuran layar yang tidak besar ini, salah satunya adalah mudah dipegang. Selain itu, pengguna tidak repot saat smartphone diletakkan di dalam tas atau saku celana.

Masih di bagian muka, Samsung Galaxy S10e ini menggunakan teknologi layar Infinity-O Full HD Dynamic AMOLED. Desain layar memiliki punch hole di sisi kanan atas untuk menempatkan kamera depan. Sudut-sudut smartphone ini dibuat lengkung, sebagai ciri khas Galaxy S.

Galaxy S10e desain 1

Untuk kamera depannya sendiri, Samsung meletakkan kamera berkemampuan 10MP yang mendukung teknologi AI. Dengan teknologi ini, kamera mampu mengenali objek secara pintar sehingga dapat menentukan komposisi warna yang pas sehingga hasil foto lebih bagus. Kamera depannya juga mendukung fungsi perekaman hingga resolusi 4K.

Untuk tombol-tombol navigasi, Samsung meletakkannya di sisi kanan dan kiri.  Tombol untuk volume dan power ada di sisi kiri. Sementara di sisi kanan, Samsung membuat satu tombol khusus untuk mengakse Bixby. Tombol khusus ini bentuknya tidak menonjol, melainkan agak masuk ke dalam. Tombol Bixby ini bisa juga dialihfungsikan untuk membuka aplikasi lainnya secara cepat dengan mengaturnya di menu Settings.

Galaxy S10e desain 2

Tombol volume dan Bixby

Di bagian bawah, terdapat port USB Type C untuk proses pengisian daya, lubang mikrofon, dan port audio 3,5mm.

Beralih ke bagian belakang. Tidak seperti Galaxy S10+ yang memiliki tiga kamera di belakang, pada Samsung galaxy S10e hanya memiliki dua kamera. Namun begitu, bukan berarti dua kamera ini hasilnya tidak bagus, jepretan kamera Samsung S10e memiliki kualitas yang tetap mengagumkan. Kedua kamera belakang ini memiliki kemampuan 12MP dan 16MP dengan kemampuan ultra wide. Dua kamera ini dibaantu dengan LED Flash untuk menghasilkan jepretan yang bagus, terutama saat kondisi cahaya kurang memadai.

Desain kamera belakang disusun horisontal dengan posisi dari kiri terlebih dahulu adalah dua kamera dan LED Flash di sebelah kanannya. Sementara logo Samsung sendiri terletak ada di bagian bawahnya, persis di tengah-tengah bodi belakang.

Selanjutnya, dimana letak pemindai sidik jari? Tidak terlihat bentuk pemindai sidik di bagian belakang. Samsung ternyata memindahkan pemindai sidik jari di tombol kanan yang juga berfungsi sebagai tombol power. Atur sidik jari Anda di menu setting. Selanjutnya cukup dengan menempelkan jari pemindai di sisi kanan smartphone, lock screen akan terbuka.

Galaxy S10e desain 3

Pemindai sidik jari

Satu lahi yang menarik adalah untuk Galaxy S102 ini, pengguna mendapatkan taambahan aksesoris berupa case yang dapat melindungi smartphone dari benturan. Case ini bentuknya unik. Walaupun berbahan plastik, namun tidak licin. Desainnya pun dibuat bolong-bolong dengan sehingga menambah kesan stylish dari Samsung Galaxy S10e ini.

Galaxy S10e desain 2

Case bawaan

Performa

Seperti yang sudah diinfokan di atas, kesan pertama smartphone ini saat digunakan adalah ukurannya yang pas di tangan. Dengan layar berukuran 5,8 inci, jari-jari tangan Anda masih bisa berkelana bebas untuk mengakses aplikasi dan banyak hal lainnya yang ada di layar. Dengan demikian, dari sisi penggunaan sudah tidak merepotkan pengguna.

Galaxy S10e performa 1

Selanjutnya, masuk ke sisi tampilan. Samsung Galaxy S10e ini menggunakan OneUI sebagai interfacenya. Sistem operasi berbasis Android 9.0 ini memiliki navigasi yang mudah dan desain susunan aplikasi yang rapi. Aplikasi-aplikasi yang berasal dari Galaxy Store juga dikelompokkan dalam satu folder Samsung. Samsung memang tetap menyediakan account tambahan milik sendiri. Jadi, selain menggunakan account Google, pengguna bisa menambah account Samsung untuk mendapatkan kesempatan menggunakan aplikasi-aplikasi menarik dari Samsung, yang terkadang tidak ada di Googl Play Store.

UI galaxy S10e

Dari sisi keamanan juga ada yang berubah di Samsung Galaxy S10e ini. Jika pada generasi sebelumnya pemindai sidik jari ada di bagian belakang, kini Samsung meletakkannya di sisi kanan, bersamaan dengan tombol power. Untuk Galaxy S10+ berbeda lagi yaitu ada di bawah layar dengan teknologi ultrasonik. Cara settingnya sama saja yaitu melalui menu biometric di bagian Settings. Hanya saja untuk meregistrasikan sidik jari, letakkan pada tombol pemindai di sisi kanan sampai proses selesai.

 

Samsung juga memiliki fitur keamanan lain untuk melengkapi fingerprint ini, yaitu face Unlock. Prosesnya registrasinya cepat dan dapat digunakan untuk aplikasi-aplikasi penting seperti Samsung Pay. Menggunakan Face Recognition dapat membuka layar lebih cepat dibandingkan hanya dengan sidik jari.

keamanan

Samsung Galaxy S10e yang hadir dengan kapasitas baterai cukup besar sehingga dapat membantu menemani pekerjaan seharian penuh. Untuk pemakaian normal, baterai sebesar itu bisa menemani pengguna dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Selebihnya ya harus mengisi kembali daya baterai dengan charger yang ada. Namun jangan khawatir, fungsi fast chargingnya dapat mengisi daya sangat cepat sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas.

Seperti Galaxy S series sebelumnya, Samsung tetap memiliki app edge yang dapat dibuka dengan mengusap tepi layar. Anda bisa menempatkan beberapa app favorit agar bisa mengaksesnya dengan lebih cepat. Fungsi Edge ini bisa diatur dalam menu settings.

Sementara untuk kelancaran pengoperasian, Samsung membekali fitur bernama Device Care. Anda tidak usah repot lagi untuk memasang aplikasi lain hanya untuk membersihkan file tidak berguna agar kinerja smartphone meningkat lagi. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengoptimalkan kembali kinerja smartphone, mulai dari pembersihan storage, memori, hingga efisiensi baterai.

Sekarang beralih ke sisi kamera. Kamera memang menjadi salah satu fitur unggulan di galaxy Seri S, seperti pada Samsung Galaxy S10e ini. Di bagian depan menggunakan kamera berkemampuan 10MP dengan apperture f1.9 dan dapat merekam video  4K. Sementara di bagian belakang ada dua kamera dengan kombinasi 12MP dan 16MP yang sudah mendukung AI dan OIS. Hal ini berbeda dengan gaaxy S10 Plus yang menggunakan tiga kamera dimana satunya lagi adalah kamera Telefoto.

kamera galaxy s10e

 

Untuk fitur kameranya sendiri sama seperti generasi sebelumnya. Selain ada mode untuk beberapa kondisi ruangan atau lingkungan sekitar, AI yang ada juga bekerja pintar. Jadi, setting akan dilakukan secara otomatis oleh smartphone saat mengenali sebua objek. Slow motion, super slow motion yang menjadi daya tarik tersendiri, Bixby, hingga AR Emoji menjadi fitur-fitur menarik di kamera Samsung Galaxy S10e ini.

kamera galaxy s10e

Dengan memori sebesar 6GB, ditambah prosesor yang cukup kencang, membuat navigasi antar aplikasi di smartphone ini berjalan cukup mulus. Satu lagi yang tidak kalah menarik adalah NFC. Dengan fitur ini, bagi Anda yang sering menggunakan kartu-kartu elektronik untuk berbagai pembayaran menjadi lebih nyaman. Hal ini karena mulai dari cek saldo hingga pengisian saldo bisa dilakukan dari smartphone, tanpa harus bersusah payah ke ATM atau gerai pengisian saldo.

Untuk hasilbenchmark Antutu, Geekbench 4.0, dan PCMark for Android bisa dilihat berikut ini:

benchmark

 

Contoh foto Samsung Galaxy S10e:

Spesifikasi

Samsung Galaxy S10e memang hadir sebagai versi terbawah dari seri Galaxy S10. Namun begitu, bukan berarti smartphone ini dibekali spesifikasi hardware “bawah” juga. Spesifikasi yang ada tetap kelas atas, hanya berbeda sedikit dengan Samsung Galaxy S10 dan Galaxy S10+.

 

Chipset Exynos 9820
Memory 6GB RAM dan 128GB ROM
Layar 5,8 inci dynamic AMOLED Infinity-O
GPU MALI G76 MP12
Baterai 3.100 mAh
Sistem Operasi OneUI Android 9.0
Kamera Belakang 12MP + 16MP LED Flash, Auto HDR
Kamera Depan 10MP support video 4K
SIM Card Hybrid )Nano SIM + nano SIM)
Fitur Fingerprint, Face Recognition, NFC, IP68, Bluetooth 5.0, GPS
Dimensi 142.2 x69.9 x 7,9 mm

 

Kesimpulan

Melalui Samsung Galaxy S10e, dengaan selisih harga sangat besar dibandingkan Galaxy S10+, Anda sudah mendapatkan smartphone flagship yang bekerja cukup kencang. Perbedaan yang ada di Samsung Galaxy S10e tidak akan terasa jika smartphone digunakan untuk menemani aktivitas pekerjaan rutin. Justru, ada beberapa keunggulan yang dimiliki seri terbawah dari Galaxy S10 ini, seperti ukuran yang pas di tangan sehingga lebih mudah dibawa.

Hasil kameranya pun tetap tajam walaupun hanya memiliki dua kamera belakang. Bahkan,  di suasana kurang cahaya, kamera masih mampu menangkap objek dengan detail. Hal yang sama juga berlaku untuk kamera depan. Hasil selfie terlihat normal karena tidak smartphone ini tidak mengubah komposisi warna terlalu ekstrim. Dengan kamera depan ini, Anda pun bisa bermain-main dengan AR Emoji yang menjadi salah satu ciri khas Samsung.

Fitur-Jadi, jika dana untuk membeli sebuah smartphone flagship tidak terlalu besar, Samsung Galaxy S10e sudah mampu memuaskan Anda.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS