June 24, 2022

Review Samsung Galaxy A33 5G, Fitur Lebih Lengkap Tetapi Harga Terjangkau

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy A33 5G, Fitur Lebih Lengkap Tetapi Harga Terjangkau  

Mobitekno – Keberadaan jaringan 5G yang sudah dapat dinikmati di beberapa kota besar di Indonesia, berbagai produsen smartphone berlomba-lomba mengeluarkan produk yang mendukung jaringan 5G. Tidak hanya di kelas flagship, akan tetapi juga di segmen menengah. Walaupun belum seluas 4G, paling tidak, produk-produk tersebut bisa menjadi langkah awal bagi banyak orang untuk mencicipi jaringan 5G yang super cepat. Hal ini pun dilakukan oleh Samsung. Produk-produk smartphone Samsung di segmen menengah, kini rata-rata sudah dibekali dengan kemampuan 5G, termasuk Galaxy A33 5G yang kami uji ini.

Namun, tidak hanya 5G saja yang menjadi daya tarik Galaxy A33 5G ini, Samsung juga membekalinya dengan berbagai macam fitur terkini. Dengan demikian, sebagai smartphone dengan tagline Awesome ini, Galaxy A33 5G bisa diandalkan untuk menemani aktivitas harian penggunanya dari pagi hingga malam hari. Mulai dari bekerja, bermain, hiburan, bermedia sosial, hingga berfoto-foto, semua bisa dilakukan dengan lebih nyaman di Galaxy A33 5G.

Dengan prosesor terbaru di dalamnya yang menjanjikan performa lebih kencang, Mobitekno pun mendapat kesempatan untuk mengujinya dalam beberapa minggu. Hasilnya sesuai ekspektasi kami di segmen menengah. Samsung Galaxy A33 5G bisa mengakomodir semua kebutuhan kami sehari-hari.

Galaxy A33 5G

Kelengkapan

Tampaknya Samsung sudah meluaskan paket smartphone tanpa charger ini di segmen A Series. Jadi, tidak hanya S Series dan kelas flagship lainnya yang tidak mendapatkan charger, tetapi juga di Galaxy A33 5G ini. Hasilnya, paket kemasannya menjadi lebih ringkas, tipis, dan kompak.

Dengan kotak kemasan berwarna dominan putih yang tidak terlalu tebal, Samsung cukup irit dalam memberikan kelengkapan untuk smartphone. Bahkan, yang dahulu konsumen mendapatkan softcase transparan, kini tidak ada lagi. Untuk detailnya, berikut isi kemasan Samsung Galaxy A33 5G:

  1.       Samsung Galaxy A33 5G dengan opsi warna hitam
  2.       Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  3.       SIM Card Ejector
  4.       Kabel USB Type C untuk transfer data dan proses pengisian daya

Desain

Berbeda dengan M Series yang kini ada di rentang harga yang sama, A Series memang lebih mementingkan desain. Oleh sebab itu, desain Galaxy A33 5G ini juga cukup stylish dengan permukaan bodi belakang berkarakter doff yang tidak memantulkan cahaya. Dengan begitu, desainnya lebih fashionable. Apalagi pada bodi belakangnya, desain frame kamera terlihat kaku dan terlihat menyatu dengan bodi di sekitarnya. Ini membuat Galaxy A33 5G terlihat lebih stylish dibandingkan kebanyakan smartphone di segmen yang sama.

Layar depannya sudah menggunakan panel Super AMOLED dengan dukungan refresh rate 90Hz. Ini membuat kemampuan display Galaxy A33 5G tidak main-main, karena menggunakan panel layar kelas atas. Apalagi ditunjang kemampuan resolusi 1080 x 2400 piksel dengan rasio layar 20:9 dan screen to body ratio 83,7%, membuat layarnya terlihat lega an jernih. Layarnya ini dilindungi juga dengan Corning Gorilla Glass 5 untuk menahan layar dari benturan dan goresan yang tidaak disengaja. Oiya, ukuran layarnya sendiri adalah 6,4 inci.

Di bagian layar ini tersemat kamera selfie berkemampuan 13MP yang bisa menangkap objek dengan terang dan jelas.

Kamera selfie

Beralih ke sisi kanan dan kiri. Tombol volume dan power terletak di sisi kanan. Posisinya terletak agak ke atas. Desain kedua tombol tersebut pun tidak terlalu tebal, sehingga lebih nyaman untuk ditekan dengan jempol kanan Anda. Sementara di sisi sebaliknya tidak ada tombol fungsi apapun karena posisi SIM Tray ada di bagian atas, menemani lubang mikrofon yang cukup kecil.

Pada bagian bawah, terdapat port USB Type C yang diapit lubang mikrofon kecil dan speaker. Tidak ada lagi port audio 3,5mm di sini. Anda harus menggunakan port USB Type C untuk mengkoneksikan wired headphone Anda. Dibutuhkan adapter dari Type C ke port audio 3,5mm yang harus Anda beli lagi, karena tidak disediakan di dalam paket penjualan Galaxy A33 5G ini. Akan lebih nyaman jika Anda menggunakan wireless headphone jika ingin mendengarkan audio dari Galaxy A33 5G.

Seperti yang sudah diinfokan di atas, pada bagian belakang terlihat permukaan bodi yang tidak licin. Sisi atas kiri terdapat susunan 4 kamera yang terdiri dari kamera utama 48MP wide, kamera 8MP ultra-wide, kamera makro 5MP, dan kamera bokeh 2MP.

Kamera utama

Untuk keseluruhan bodi, Galaxy A33 5G ini memiliki dimensi 159.7 x 74 x 8.1 mm dengan berat sekitar 186 gram. Cukup ringan untuk smartphone dengan layar berukuran 6,4 inci.

Fitur dan Performa

Saat digunakan, tentunya yang pertama kali dirasakan adalah User Interface. Samsung Galaxy A33 5G sudah menggunakan One UI 4.1 yang berbasis Android 12. Jadi, Anda bisa merasakan fitur-fitur terkini dari sistem Android ini. Samsung juga cukup rajin dalam memberikan update keamanan untuk UI-nya ini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan One UI 4.1 di Galaxy A33 5G ini. Navigasinya cukup smooth dari layar ke layar. Menggeser aplikasi juga dapat dilakukan dengan lancar tanpa lag. Bahkan, saat digunakan bermain game, seperti Mobile Legend atau PUBG, Galaxy A33 5G sudah cukup baik untuk meningkatkan rank Anda.

Kinerja yang dihadirkan Galaxy A33 5G ini tidak lain berkat digunakannya chipset Exynos 1280 yang dibuat dengan fabrikasi 5nm. Chipset ini ditemani dengan GPU Mali-G68. Sementara storage disediakan dua opsi, yaitu 128 GB dan 256 GB. Memorinya juga ada yang 6 GB, 8 GB, dan 12 GB. Untuk unit yang kami ulas ini memiliki kombinasi storage dan memori 128 GB + 6 GB. Namun, Samsung memiliki fitur RAM Plus yang bisa menambah kapasitas memori 4GB lebih banyak di Galaxy A33 5G ini. Fitur ini cukup berharga terutama saat mengoperasikan aplikasi-aplikasi yang berat atau game.

Untuk sisi kamera, ini juga menjadi andalan Galaxy A33 5G. Smartphone ini bisa menjadi andalan untuk membuat berbagai konten fotografi yang menarik sesuai keinginan Anda. Hal ini karena Galaxy A33 5G dibekali dengan Awesome 48MP OIS Quad Camera untuk bikin foto dengan resolusi tinggi secara instan. Ditemani dengan kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 5MP, dan kamera bokeh 2MP, tentunya akan lebih banyak konten foto awesome yang bisa dihasilkan dari smartphone ini.

Galaxy A33 5G juga memberikan mode foto yang cukup banyak. Mulai dari mode Fun untuk bermedia sosial, portrait, foto standar, video, mode makanan, mode malam, Pro video, pro, super slow-mo, slow motion, hyperlapse, hingga single take, bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto-foto yang unik. Akan ada banyak gaya serta pose dalam menggunakan mode-mode kamera di smartphone ini. Bahkan kamera selfie 13MP juga dapat menangkap wajah dan objek di sekitarnya dengan tajam dan detail.

Mode Kamera

Dengan prosesor 5nm terbaru, kamera berbasis AI inovatif di Galaxy A Series membuat setiap gambar terlihat lebih mengagumkan – bahkan dalam kondisi cahaya yang redup. Peningkatan fitur Night Mode-nya bisa menggabungkan hingga 12 gambar sekaligus secara otomatis, sehingga foto jadi lebih terang dengan noise yang semakin minim. Saat merekam video di kondisi low light, Galaxy A Series mampu menyesuaikan frame rate secara otomatis untuk menghasilkan video yang lebih cerah dan jernih.

Kemudian, Portrait Mode yang telah disempurnakan mampu menangkap kedalaman dan outline dari subjek dengan lebih akurat berkat dual camera dan AI yang powerful. Dengan Fun Mode, setiap momen jadi lebih seru dengan memanfaatkan filter dan efek yang playful, yang kini bisa diaplikasikan juga pada lensa Ultra Wide. Lalu, untuk pertama kalinya di Galaxy A Series, fitur Photo Remaster hadir untuk membuat foto-foto lama maupun yang berkualitas rendah kembali hidup, ditambah dengan Object Eraser yang mampu menghapus objek yang mengganggu di foto

Sama seperti smartphone Galaxy lainnya, di Galaxy A33 5G ini juga sudah disediakan berbagai macam aplikasi untuk menunjang ekosistem Samsung. Aplikasi-aplikasi bawaan Samsung ini bahkan dikelompokkan dalam satu folder dengan nama Samsung. Di dalamnya ada aplikasi-aplikasi menarik seperti Samsung Pass, Bixby, Samsung Pay, Samsung Health, Smartthings, dan banyak lagi. Anda pun bisa mengkoneksikan berbagai perangkat IoT Samsung lainnya ke ekosistem Samsung ini untuk memudahkan pengoperasian.

Guna menunjang aktivitas pembayaran di zaman digital seperti saat ini, Samsung Galaxy A33 5G dibekali juga dengan fitur NFC. Jadi, Anda yang memiliki uang elektronik dari berbagai Bank terkemuka di Indonesia, bisa memeriksa saldonya di smartphone ini. Bahkan, Anda juga bisa melakukan top up dengan bantuan aplikasi dari bank tersebut.

Untuk sisi keamanan, Galaxy A33 5G ini sudah dibekali dengan Samsung Knox yang menjadi andalan Samsung. Kemudian juga disediakan pemindai sidik jari di atas layar. Ini membuat Samsung Galaxy A33 5G menjadi lebih nyaman digunakan untuk bekerja, yang biasanya mengakses data-data penting.

Untuk masalah ketahanan pakai harian, Samsung Galaxy A33 5G sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang bisa mendukung teknologi pengisian daya 25W. Sayang, tidak disertakan charger di dalamnya, membuat Anda harus membeli charger secara optional. Terkecuali Anda sudah memiliki adapter charger dari perangkat Samsung lainnya yang Anda miliki.

Samsung Galaxy A33 5G juga sudah memiliki sertifikasi IP67 sehingga bisa tahan atas terpaan air dan debu. Bahkan bisa bertahan di dalam air sedalam 1 meter selama 30 menit.

Untuk menilai smartphone ini, kamu juga melakukan benchmark dengan tiga aplikasi. Hasilnya sebagai berikut.

Dan ini adalah contoh-contoh foto yang dihasilkan Samsung Galaxy A33 5G 

Spesifikasi

Nama Galaxy A33 5G
Layar 6,4 inci FHD+ Super Amoled, 1080 x 2400 piksel
Dimensi dan berat 74,0 x 159,7 x 8,1mm, 186g
Kamera belakang Utama 48MP, Ultra-wide 8MP, Makro 5MP, dan Bokeh 5MP
Kamera depan 13MP
Chipset Exynos 1280 dengan fabrikasi 5nm
Storage 128 GB
Memori 6 GB
OS One UI 4.1 Android 12
Baterai 5000mAh dengan dukungan superfast charging 25W
Fitur NFC, Fingerprint, 5G, Bluetooth 5.1, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4G+5GHz)
Memori eksternal MicroSD hingga 1TB

Kesimpulan

Samsung galaxy A33 5G menjadi smartphone A Series dari Samsung di kelas menengah yang menawarkan banyak fitur di dalamnya. Memang, fiturnya tidak selengkap Galaxy A53 5G di atasnya. Namun, fitur-fitur di Galaxy A33 5G ini sudah bisa mengakomodir semua kebutuhan penggunanya seharian, selama penggunaanya tidak terlalu ekstrim.

Salah satu yang menjadi daya tarik banyak orang tentu saja ekosistem aplikasi dan perangkat Samsung lainnya yang bisa disatukan dalam sebuah genggaman. Ini bisa memudahkan banyak orang dalam mengoperasikan atau mengawasi perangkat-perangkat tersebut.

Bodi Galaxy A33 5G terbilang tipis

Yang menjadi sedikit ganjalan bagi kami adalah tidak adanya adapter pengisian daya. Memang, Samsung menganggapnya adapter bisa dibeli secara terpisah atau menggunakan adapter Samsung lainnya. Namun, bagi pengguna yang baru pertama kali membeli produk A Series ini untuk menunjang aktivitasnya, ini bisa menjadi hambatan dan bisa membuat mereka ragu untuk memilih Galaxy A33 5G ini.

 

                

 

Tags: , , , ,


COMMENTS