June 24, 2022

Rebranding, Mark Zuckerberg Ungkap Harapan Meta Pay Jadi Dompet Digital Penting di Dunia Metaverse

Penulis: Iwan RS
Rebranding, Mark Zuckerberg Ungkap Harapan Meta Pay Jadi Dompet Digital Penting di Dunia Metaverse  

Mobitekno – Mark Zuckerberg, CEO Meta telah mengumumkan perubahan layanan pembayaran Facebook Pay menjadi Meta Pay sebagai strategi penting untuk mendukung visi besarnya di dunia metaverse.

Mengingat hanya pergantian nama, tidak banyak perubahan yang akan terjadi. Meta Pay tetap akan difungsikan sebagai sarana pembayaran untuk berbagai produk Meta selama ini, seperti Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp, termasuk melakukan pembayaran seperti donasi atau pembayaran lainnya.

Mark Zuckerberg menyatakan harapan besarnya kelak, di mana Meta Pay akan menjadi dompet digital universal untuk semua barang digital yang diperdagangkan di dunia metaverse. Harapan yang mungkin cukup berat diwujudkan mengingat begitu masifnya industri keuangan diramikan dengan berbagai pelaku industri.

Zuck atau Mark juga mengindikasikan pentingan peranan teknologi dalam membuktikan kepemilikan seseorang di dunia metaverse, terutama ingin membawa beberapa item ke berbagai layanan.

Meski yang digambarkannya merupakan suatu dompet digital, Zuck tidak merincinya leih lanjut sperti apa nantinya dompet digotal tersebut. Dia juga tidak menyinggung teknologi blockchain yang biasanya dilibatkan sebagai basi telknologi dompet digital modern, termasuk NFT, cryptocurrency dan lain sebagainya.

Meski Zuck berharap Meta Pay dapat menjadi dompet de facto metaverse, Ia mengakui interoperabilitas ideal masih jauh untuk terwujud. Zuck hanya menjanjikan adanya pengalaman yang jauh lebih baik bagi pengguna dan peluang yang lebih besar bagi kreator konten.

Belum lama ini, industri metaverse memasuki babak baru dengan bergabungnya banyak perusahaan teknologi ke dalam Metaverse Standards Forum (Forum Standar Metaverse) untuk bersama-sama mengembangkan standar yang bersifat interoperabilitas menuju dunia metaverse yang lebih terbuka (open metaverse).

Selain Meta, forum ini juga melibatkan perusahaan besar di dalamnya, seperti Microsoft, Huawei, NVIDIA, Qualcomm, Sony Interactive Entertainment, Epic Games, Unity dan Adobe. Masih ada dua perusahaan besar lagi yang ditunggu kejelasannya untuk bergabung ke depan, yakni Apple dan Google.

Menurut Meta, produk inovatif ini dapat membuka peluang baru bagi pengguna dan bisnis dalam mengkontrol keuangannya lebih baik. Meta melihat peluang besar dalam pengembangan produk keuangan yang menghubungkan masyarakat dengan ekonomi digital.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS