March 15, 2019

Review D-Link DWR-921: WiFi Router Kompak untuk Kebutuhan di Rumah Maupun Saat Bepergian

Penulis: Desmal Andi
Review D-Link DWR-921: WiFi Router Kompak untuk Kebutuhan di Rumah Maupun Saat Bepergian  

Mobitekno – Di zaman yang serba Internet ini, WiFi router sudah menjadi perangkat favorit yang digunakan banyak orang agar rumah atau tempat bisnisnya bisa terkoneksi dengaan jaringan Internet. Melalui WiFi Router, orang akan dengan mudahnya menyambung berbagai gadget mereka seperti smartphone atau laptop agar bisa menyelesaikan pekerjaannya yang saat ini juga sudah sangat tergantung dengan koneksi Internet.

D-Link, salah satu pemain yang sudah lama menghasilkan perangkat-perangkat jaringan pun turut mendukung hal ini. Oleh sebab itu, D-Link selalu berusaha menghadirkan perangkat WiFi Router dengan banyak varian. Dan, salah satu varian yang kami nilai cukup kompak dan fleksibel aalah WiFi Router D-Link DWR-921.

Berbeda dengan perangkat WiFi Router lainnya yang biasanya hanya menggunakan koneksi Internet dari modem, D-Link DWR-921 ini memiliki satu akses lagi ke sumber Internet, yaitu melalui operator seluler. Hal ini bisa terjadi karena D-Link DWR-921 memiliki slot SIM Card yang mendukung layanan operator dengan signal 4G. Dengan begitu, perangkat ini cukup fleksibel digunakan di rumah, tempat bisnis, atau bisa dibawa saat Anda bepergian, dengan mengisi SIM Card dari salah satu operator.

DLINK

 

Kelengkapan

Hadir dengan paket penjualan yang kompak, berbagai perangkat pendukung router ini juga disertakan di dalamnya. Anda tinggal merakitnya saja sehingga D-Link DWR-921 siap untuk di-setting dan digunakan untuk berhubungan dengan Internet. Kemasannya berisi:

  1. Satu perangkat D-Link DWR-921
  2. Dua buah Antenna
  3. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  4. Power adapter
  5. Kabel jaringan RJ45 untuk menghubungkan perangkat ini dengan modem.

DLINK

 

Desain

D-Link WR-921 hadir dengan bentuk router seperti router-router yang banyak beredar saat ini. Bentuknya persegi empat dengan ketebalan yang cukup tipis sehingga bisa ditempatkan di meja dengan area yang terbatas sekalipun. Bagian atasnya memiliki tampilan glossy sehingga tampak warna hitam mengkilap dari sisi manapun. Logo D-Link tepat berada di atassnya.

DLINK

Berbeda dengaan bagian atasnya, bagian sisi-sisinya tiak tampil glossy. Dibalut dengan warna putih, untuk bagian depan WiFi Router ini dilengkapi dengan tujuh lampu indikator untuk informasi SMS, koneksi LAN, Power, kondisi jaringan 2G/3G, jaringaan 4G, WLAN, dan kekuatan signal. Sementara di bagian kanan dan kirinya diapit oleh tombol WPS untuk mempermudah proses koneksi ke Internet saat setting dan tombol Reset untuk mengembalikan setting ke keadaan default.

DLINK

Sisi kiri, kanan, dan bawah digunakan untuk ventilassi pembuangan panas saat router bekerja. Jadi. Di tiga bagian ini,  Anda akan menemukan desain lubang-lubang untuk sirkulasi udara.

DLINK

Beralih ke bagian belakang. Di sinilah terdapat fitur-fitur utama yang membuat router ini bisa bekerja dan digunakan dengan nyaman. Mulai dari kiri ke kanan. Di ujung kiri dan kanan terdapat konektor untuk menyambung dua antenna. Ana tinggal hubungkan antenna ke konektor tersebut, lalu putar untuk mengencangkanny. Di sampingnya, terapat empat buah port untuk koneksi LAN. Port ini bisa digunakan jika Anda membutuhkan koneksi dengan kabel RJ45 untuk perangkat yang Anda miliki, seperti laptop atau komputer desktop. Ada juga satu port WAN untuk koneksi ke modem sebagai sumber Internet.

DLINK

Berikutnya,  ada satu slot untuk SIM Card. SIM Card yang digunakan berukuran normal, seperti pada smartphone-smartphone tipe lama. Masukkan saja sampai bunyi klik terdengar, jika Anda ingin menggunakan koneksi Internet dari jaringan operator seluler.

Masih di bagian belakang, port untuk daya terletak di sebelah slot SIM Card. Terakhir, adalah tombol Powr On/Off. Dengan adanya tombol ini, Anda tidak perlu mencabut kabel dari Power Adapter saat ingin mematikan router.  Secara keseluruhan,  bobot perangkat ini cukup ringan, sehingga mudah untuk dibawa-bawa kemanapun Ana pergi.

 

Performa

Karena bisa digunakan untukk SIM Card dari operator, D-Link DWR-921 ini dapat menerima signal GSM, 3G, dan 4G. Dengan begitu, kecepatan yang dihasilkan dari perangkat ini tidak jauh berbedaa dengan smartphone. Hanya saja, jika Anda menggunakan D-Link DWR-921 untuk kebutuhan Internet, Anda bisa membaginya ke banyak perangkat sekaligus. Sementara jika dengan smartphone melalui mobile hotspot, tentunya akan mengganggu aktivitas Anda dengan smartphone.

dlink

Untuk koneksi Internet dengan SIM Card, router dapat menentukan signal terbaik yang didapatnya. Jadi, jika Anda berada di area yang tidak terdapat 4G, maka router secara otomatis akan menggunakan jalur 3G. Dengan begitu, koneksi dapat berjalan terus tanpa gangguan. Hanya kecepatan Internet saja yang berubah.

Dengan dukungan SIM Card, uniknya perangkat ini bisa dibawa saat menggunakan kenaraan. Manfaatkan daya dari lighter di dashboard mobil Anda. Selanjutnya, Anda beserta istri dan anak bisa menikmatikoneksi Wi-Fi sepanjang perjalanan. Tentu saja koneksi akan berjalan lancar menyesuaikan kekuatan signal operator di daerah-daerah yang dillewati.

Proses setting perangkat ini juga begitu mudah. Dengan mengakses 192.168.0.1, Anda akan dibawa ke halaman yang berisi berbagai setting perangkat. Bahkan, di sini Anda juga bisa membuat berbaagai batasan untuk proses share jaringan. Model halaman administratornya ini terbilang lengkap, seperti pada model-model router lainnya. Tiak hanya untuk basic setting, advanced setting juga disediakan dari halaman administrator ini.

Spesifikasi

Berikut spesifikasi yang ada pada D-Link DWR-921:

DLINk Spec

Kesimpulan

WiFi Router ini didesain cukup kompak. Bentuknya yang kecil, tipis, dan ringan membuatnya bisa ditempatkan secara lebih leluasa. Desainnya juga tidak kuno.  Bagian atas yang berpenampilan glossy membuat perangkat ini terlihat modern.

Proses instalasinya juga mudah. Tidak perlu menjadi seorang administrator andal untuk menggunakan -Link DWR-921. Melalui setting yang bisa diakses dari URL administraatornya, banyak setting bisa Anda gunakan untuk memperlancar koneksi.

Satu hal menarik dari produk ini adalah pada sisi kemudahan saat dibawa kemanapun Anda pergi. Memang masih harus selalu terhubung ke sumber daya listrik. Namun, jika And bepergian dengan mobil dan memiliki konverter AC to DC, D-Link DWR-921 bisa menemani perjalanan dengan akses Internet tanpa putus. Selain itu, jika Anda menginap di hotel saat sampai tujuan, perangkat ini pun bis menjadi solusi akses Internet bersama, jika akses WiFi di kamar hotel tidak memuaskan.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS