April 11, 2019

Chipset Qualcomm Snapdragon 865 Mampu Mendukung RAM LPDDR5

Penulis: Rizki Romdoni
Chipset Qualcomm Snapdragon 865 Mampu Mendukung RAM LPDDR5  

Mobitekno – Qualcomm Snapdragon 855 merupakan chipset andalan generasi terbaru yang kini menjadi mesin penggerak bagi sebagian besar smartphone unggulan kelas atas yang diluncurkan tahun ini. Baru-baru ini, perusahaan yang berbasis di San Diego, California merilis dua chipset menengah atas baru, yaitu Qualcomm Snapdragon 665 dan Snapdragon 730/G.

Saat ini, perusahaan tersebut dilaporkan mulai bekerja pada chipset flagship generasi berikutnya, yang diharapkan akan diberi nama Snapdragon 865. SD855 memiliki nomor model internal SM8150 dan diberi nama kode “Hana”. Jika laporannya dapat dipercaya, maka itu bisa jadi merupakan pengganti yang memiliki nomor model SM8250.

Nama kode chipset unggulan yang akan datang dikatakan “Project Kona”. Kona adalah nama yang merujuk ke Kepulauan Hawaii. Yang menarik, Qualcomm menjadi tuan rumah KTT Teknologi Qualcomm di Hawaii untuk menghadirkan prosesor mutakhirnya pada bulan Desember.

Sementara tidak banyak yang diketahui tentang prosesor Snapdragon 865, dikatakan bahwa chipset akan hadir dengan dukungan untuk RAM LPDDR5. Chip kelas atas untuk perangkat Windows Snapdragon 8cx masih menggunakan LPDDR4X. Qualcomm sudah memiliki sampel SM8250 baru secara internal dan sedang mengujinya bersama dengan memori LPDDR5, dan membiarkannya terbuka siapa pemasoknya.

Akan tetapi dibutuhkan waktu yang tidak sebentar sebelum kita melihat sesuatu yang secara substansial terkait dengan chipset unggulan Snapdragon 865 mendatang dari Qualcomm. Sementara itu, TSMC telah mengumumkan infrastruktur proses 5nm yang baru, basis persiapan untuk chipset Apple A14 dimana akan menjadi kekuatan peluncuran iPhone Apple pada tahun 2020. Dengan demikian, kita juga mengharapkan chipset Qualcomm yang diproduksi menggunakan proses 5nm.

Tags: , , ,


COMMENTS