January 31, 2018

Dapat Donasi Bitcoin 1 Juta Dolar, Yayasan Richard Stallman Genjot Visi ‘Free Software’

Penulis: Iwan RS
Dapat Donasi Bitcoin 1 Juta Dolar, Yayasan Richard Stallman Genjot Visi ‘Free Software’  

Mobitekno – FSF (Free Software Foundation) yang didirikan Richard Stallman, sesepuh dan aktivits ‘free software’ baru-baru ini mengumumkan diperolehnya donasi terbesar selama ini dalam bentuk mata uang digital (cryptocurrency) Bitcoin sebesar 91.45 BTC.

Apabila dinilai dengan mata uang saat ini, 91.45 bitcoin kurang lebih setara dengan US$ 1 juta. Donasi ini disumbang oleh pihak berinisial Pineapple Fund yang belum diketahui indentitasnya.

Free Software Foundation adalah yayasan atau organisasi yang mengkampanyekan konsep kebebasan dalam perangkat lunak (free software).

Pada intinya, kebebasan (freedom) tersebut mencakup empat aspek, antara lain kebebasan dalam mempelajari/menggunakan, mendistribusikan, membuat, dan memodifikasi/mengembangkan perangkat lunak atau software.

Ketiban satu juta Dolar dari Pineapple Fund, FSF pun bersiap menggunakan donasi tersebut untuk meningkatkan inovasi dan proyek baru yang diprioritaskan untuk kampanye dan pengembangan ‘free software’.

Termasuk di dalamnya, GNU project, lisensi FSF, program compliance (kepatuhan) dan sertifikasi perangkat hardware. Donasi juga akan digunakan dalam gerakan ‘free software’ untuk kalangan (audiensi) baru dan biaya operasional organisasi jangka panjang.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS