June 28, 2018

Bertambah Lagi Satu Fitur Video Baru di Instagram. Group Video Chat!

Penulis: Iwan RS
Bertambah Lagi Satu Fitur Video Baru di Instagram. Group Video Chat!  

Mobitekno – Di bawah payung perusahaan Facebook, layanan/aplikasi Instagram terus mengalami perubahan sana-sini agar semakin menarik penggunanya. Sudah pasti salah satu agar penggunanya yang sudah menembus satu miliar ini terus bertambah.

Strateginya yang sudah nyata terlihat belakangan ini adalah penambahan beragam fitur baru yang dianggap menarik dan memanjakan penggunanya agar tidak ke lain hati (layanan lain).

Sejauh ini starteginya cukup membuahkan hasil. Menurut laporan SimiliarWeb misalnya, Instagram berhasil membuat betah para pengguna Instagram di Amerika Serikat menghabiskan waktunya dari semula 29 menit/hari pada bulan September 2017 lalu menjadi 55 menit/hari pada bulan Juni 2018.

Instagram new feature

Setelah meluncurkan IGTV untuk konten video yang berdurasi lebih panjang belum ama ini, Instagram kembali merilis fitur baru yaitu Group Video Chat/Call (hingga empat orang), kanal topik (Topic Channels) di bagian Explore, dan penambahan efek kamera untuk Stories.

Fitur Group Video Chat ini memudahkan pengguna berinteraksi dengan satu hingga tiga pengguna lainnya. Melalui layar utamadi bagian Direct, pengguna dapat memilih thread pesan, lalu tekan kameran video chat. Pengguna yang dihubungi akan secara otomatis mendapatkan notifikasi panggilan di ponsel mereka.

Kelebihan lainnya, saat melakukan obrolan via kamera (Group Video Chat) ini, pengguna juga dapat memperkceil (minimize) video untuk melakukan hal-hal lainnya di Instagram. Untuk mengetahui ada obrolan yang aktif di dalam group, ikon kamera akan berubah menjadi warna biru untuk notifikasi.

Instagram new feature

Pengguna pun dapat melibatkan siapa saja pengguna lain yang berhubungan dengannya. Orang yang diblokir tidak dapat melakukan obrolan, dan pengguna juga dapat menonaktifkan orang tertentu agar tidak menerima pemberitahuan jika ada obrolan yang sedang berlangsung.

Fitur kedua, Topic Channels akan memberi kemudahan bagi pengguna untuk menemukan berbagai konten yang diminati pengguna. Banyak topik yang akan disajikan, mulai dari Seni, Olahraga, Kecantikan hingga mode (fashion).

Terakhir, Instagram juga menambah beberapa efek kamera baru untuk Stories yang memungkinkan pihak ketiga membuat fitur AR khusus (mirip seperti fitur lense pada Snapchat). Fitur ini akan tampil dalam in-app camera jika pengguna mengikuti (follow) akun yang telah terrdafter dengan fitur ini, misalnya akun NBA, Buzzfeed, dan Ariana Grande.

Tags: , , , ,


COMMENTS