February 27, 2018

‘Dual Listening’ Sony Xperia Ear Duo Bantu Pengguna Tetap Awas dengan Kondisi Sekitar

Penulis: Iwan RS
‘Dual Listening’ Sony Xperia Ear Duo Bantu Pengguna Tetap Awas dengan Kondisi Sekitar  

Mobitekno –┬áSelain smartphone flagship Xperia XZ2 dan XZ2 Compact, Sony juga meluncurkan headset wireless (bluetooth) di MWC 2018 Barcelona, yaitu Xperia Ear Duo. Di balik bentuknya yang mirip alat bantu pendengaran, Xperia Ear Duo membawa misi membantu pengguna agar tetap fokus/awas pada lingkungan sekitar sambil tetap berbincang dengan lawan bicara, mendengar musik/lagu, dan interaksi lainnya via headset.

Dibuat dari bahan stainless steel dan karet yang lembut (soft rubber), desain unik Xperia Ear Duo yang diklaim Sony sudah tahan percikan air (IPX2 splash proof) ini berbeda dari headset umumnya karena dipasangkan ke telinga melalui bagian bawah daun telinga (bukan melalui bagian bawah) membentuk huruf ‘U’ atau ‘V’.

Sony Xperia Ear Duo Sony Xperia Ear Duo

Desain headset berbentuk huruf ‘U’ ini bertujuan memberikan kenyamanan bagi penggunanya yang kebetulan berkacamata (tidak mengganggu frame/gagang kacamata pengguna di atas daun telinga).

Seperti juga headset wireless lainnya, daya tahan baterai menjadi faktor penting bagi pengguna yang mobile. Xperia Ear Duo disebut dapat digunakan hingga selama empat jam untuk sekali pengisian (single charge). Pengisian baterai dapat dilakukan dengan memasukannya ke dalam compact case bawaan saat di ruangan atau di perjalanan.

Xperia Ear Duo mengandalkan teknologi Dual Listening yang memungkinkan pengguna mendengar musik dan berbagai notifikasi, tapi tetap masih dapat mendengar suara-suara yang ada di lingkungan sekitar, seperti percakapan dan suara ambient (ambient noise). Suara-suara sekitar masih terdengar tanpa kesan berisik berkat unit yang disebut Spatial Acoustic Conductor.

Sony Xperia Ear DuoSony Xperia Ear Duo

Level suara (sound volume) juga secara cerdsa dapat menyesuaikan kondisi di sektirar (ramai atau hening0 karena dukungan teknologi audi Clear Phase dari Sony. Headset ini bahkan dapat merespons gesture kepala pengguna (menggeleng atau menunduk) untuk menolak atau menerima panggilan.

Selain gesture tap dan scroll untuk volume dan mengontrol musik, Xperia Ear Duo juga menyediakan personal assistant internal (Daily Assist) atau bantuan Google Assistant atau Siri.

Xperia Ear Duo bersama aplikasi pendukungnya (di Play Store dan App Store) direncanakan akan tersedia di pasaran seharga US$ 280 mulai Mei 2018 dengan opsi warna emas (gold) dan hitam (black).

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES