June 26, 2018

Samsung Mungkin Ganti Iris Scanner dengan 3D dan In-Display Fingerprint Sensor di Galaxy S10

Penulis: Iwan RS
Samsung Mungkin Ganti Iris Scanner dengan 3D dan In-Display Fingerprint Sensor di Galaxy S10  

Mobitekno – Sebagai pabrikan ponsel populer di segmen premium, Samsung tentu menginginkan experience terbaik bagi pengguna produknya. Begitu pula fitur biometrik untuk fasiltias keamanan ponsel Galaxy-nya.

Menurut laporan media Korea, The Bell, Samsung diketahui sedang menyiapkan beberapa teknologi inovatif untuk disematkan pada ponsel flagship Galaxy S10 yang bakal diluncurkan pada paruh pertama tahun depan.

Salah satu wacana yang mungkin akan dieksekusi Samsung adalah menggantikan pemindai iris mata (iris scanner) dengan alterrnatif sensor biometrik lainnya yang mungkin dianggap lebih disukai pengguna.

Boleh jadi salah satu alasannya adalah Iris scanner dianggap Samsung kurang populer digunakan pengguna ponselnya selama ini. Adapun kandidat pengganti iris scanner kemungkinanan adalah sistem pengenalan wajah 3D (3D sensor) dan sidik jari di layar (in-Display Fingerprint Sensor).

Samsung iris scanner

Kedua scanner ini paliing cepat sudah dapat dinikmati pengguna ponsel flaghsip berikutnya, yaitu Galaxy S10.

Untuk mengimplementasikan fitur biometrik sensor sidik jari langsung pada layar ponsel (in-display fingerprint sensor), Samsung diketahui akan berkolaborasi dengan perusahaan teknologi 3D asal Israel, Mantis Vision. Seprti diketahui, Mantis Vision juga ditunjuk Google untuk menggarap teknologi 3D di Project Tango-nya.

Saat ini, ada dua produsen (Vivo dan Huawei) yang sudah lebih dulu mengadopsi teknologi in-display fingerprint sensor. Meskipun dari salah satu laporan pengujian, fitur ini masih belum bekerja optimal. Sebut saja seperti pada kasus in-display fingerprint sensor di ponsel Porsche Design Huawei Mate RS.

Kelak, in-display fingerprint sensor bukan hanya berguna untuk verifikasi pengguna (unlock screen, digital payment, dll), tapi juga dapat digunakan untuk mengukur tekanan darah, detak jantung, dan aplikasi lainnya yang berguna bagi pengguna.

Apakah implementasi 3D Face sensor dan in-display fingerprint sensor akan lebih baik deksekusi oleh Samsung untuk produk flaghsip-nya nanti? Kita tunggu saja tahun depan.

Tags: , , , , , ,

  •  
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

COMMENTS