January 26, 2018

Ditolak di App Store, Pengembang Browser Anti-Blokir Puffin Balik Salahkan Apple

Penulis: Iwan RS | Editor: Iwan RS
Ditolak di App Store, Pengembang Browser Anti-Blokir Puffin Balik Salahkan Apple  

Mobitekno – Puffin merupakan salah satu browser mobile dan desktop yang memiliki pengguna loyal karena fitur anti-blokir dan kecepatan rendering-nya yang di atas rata-rata.

Fungsi page-compressing berbasis cloud dari Puffin menjadi salah satu faktor cepatnya browser ini melakukan rendering halaman web. Kepopulerannya di platform mobile (Android, iOS) membuat CloudMosa sebagai pengembangnya akhirnya makin percaya diri untuk merilis versi Windows (masih tahap beta).

Di saat pengguna total browser ini sudah mencapai 100 juta, mungkin banyak yang beranggapan jika CloudMosa akan lebih mudah mengembangkan model bisnisnya. Kenyataannya tidak selalu demikian.

Baru-baru ini CloudMosa membuat pernyataan bagi pengguna Puffin versi iOS yang mungkin akan bertanya-tanya mengenai update terbaru yang belum kunjung tiba di App Store.

Alasannya menurut mereka karena aplikasi Puffin versi iOS telah diblokir oleh Apple karena dianggap telah menyalahi ketentuan-ketentuan (guidelines) yang ada selama ini.

Masalahnya, CloudMosa menganggap justru Apple yang telah menyalahgunakan wewenang kuatnya di App Store untuk ‘menekan’ para pengembang aplikasi iOS dengan pertimbangan yang terkadang kurang jelas dan adil.

Sejak hadir untuk platform iOS sekitar tujuh tahun lalu, Puffin dianggap CloudMosa telah memungkinkan para pengguna iPhone dapat berselancar dengan cepat, hemat data, dan bebas dari malware melalui sistem server-side rendering. Selama tujuh tahun pula Puffin dianggap tidak mengikuti regulasi yang diberlakukan Apple.

Namun, memasuki 2018 dengan alasan yang masih belum jelas, aplikasi Puffin justru tidak diterima lagi di eksositem iOS. CloudMosa bahkan mempunyai anggapan tersendiri jika Apple melakukannya untuk melindungi kepentingan bisnis miliaran Dolar dari pendapatan yang diperolehnya dari search engine Google.

Apakah masalah yang dialami CloudMosa dengan browser Puffin juga pernah dialami beberapa pengembang aplikasi iOS lainnya? Kita tunggu perkembangannya lebih lanjut.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES