June 24, 2018

Di Negara Ini Internet Dimatikan Waktu Ujian Sekolah Berlangsung

Penulis: Desmal Andi
Di Negara Ini Internet Dimatikan Waktu Ujian Sekolah Berlangsung  

Mobitekno –¬†Berbuat curang seperti menyontek seringkali dilakukan banyak siswa sekolah saat musim ujian berlangsung. Aktifitas yang tidak jujur ini hampir terjadi di semua belahan dunia dan kadang meresahkan pihak pengajar serta dinas pendidikan setempat. Dan, seiring dengan perkembangan teknologi, perbuaatan curang saat ujian pun semakin meningkat levelnya. Dengan adanya koneksi internet, banyak juga soal-soal ujian yang bocor secara online. Dan inilah yang membuat sebuah negara mematikan koneksi internet saat musim ujian berlangsung.

Seperti dilansir Ubergizmo, negara tersebut adalah Algeria. Pada musim ujian tahun 2018 ini, pemerintah setempat memutuskan untuk mematikan koneksi internet demi kelancaran ujian. Hal ini untuk mencegah para siswa melakukan kecurangan dengan memanfaatkan koneksi internet. Penonaktifan koneksi internet di jalur seluler ini juga bukan seharian, melainkan hanya satu jam saat ujian berlangsung saja. Pemutusan koneksi internet berlangsung sejak rabu kemarin hingga ujian berakhir pada hari Rabu minggu depan.

Menurut Menteri Pendidikan Algeria, Nouria Benghabrit, keputusan ini sebenarnya membuat banyak orang tidak nyaman, namun terpaksa harus diambil. Pemerintah Algeria mengambil keputusan ini karena pada tahun-tahun sebelumnya sering terjadi masalah soal-soal ujian yang bocor secara online.

Keputusan untuk mematikan koneksi internet memang tidak bisa menghilangkan kasus kecurangan saat ujian secara 100 persen karena tentunya para siswa akan memikirkan metode lain agar bisa melakukan perbuatan curang. Bisa jadi mereka balik menggunakan metode lama. Bagaimana dengan Indonesia?

Tags: , , ,


COMMENTS