February 22, 2018

Peneliti: Android P Bisa Cegah Aplikasi yang Dapat Membajak Kamera Smartphone

Penulis: Rizki Romdoni | Editor: Desmal Andi
Peneliti: Android P Bisa Cegah Aplikasi yang Dapat Membajak Kamera Smartphone  

Mobitekno – Tindakan pembajakan kamera ponsel untuk mematai-matai pengguna smartphone memang terkadang kasusnya dilebih-lebihkan. Namun, bukan berarti hal ini tidak pernaah terjadi. Kameraa dibajak oleh sebuaah aplikasi sehingga dapat mengontrol fungsi kamera smartphone dari jaraak jauh. Ini yang sebenarnya membuat Google bertekad untuk melakukan sesuatu untuk mencegah hal tersebut.

Pengarsipan kode yang baru ditemukan peneliti menunjukkan bahwa Android P harus mencegah aplikasi pembaajak ini dari penggunaan kamera dan mikrofon.

Di Android P, jika ada sebuah program yang tidak aktif mencoba menggunakan kamera, Android bisa mematikannya dan memberi Anda pesan peringatan. Sementara untuk pembajakan mikrofon, perangkat ini akan mengizinkan perekaman namun melaporkan data kosong sampai aplikasi aktif.

Seperti dilansir Engadget, Google belum mengumumkan soal kecanggihan Android P untuk saat ini. Namun para enginer dibalik Android P sudah bertekad untuk membuat sistem yang dirancang untuk “melindungi privasi pengguna.”

Tags: , , ,


COMMENTS