May 21, 2018

Untuk Manajemen Kota Cerdas dan Aman, Nokia Hadirkan ‘Advanced Command Center’

Penulis: Rizki Romdoni | Editor: Desmal Andi
Untuk Manajemen Kota Cerdas dan Aman, Nokia Hadirkan ‘Advanced Command Center’  

Mobitekno – Sudah saatnya bagi institusi keamanan publik mengambil langkah konkret terkait keamanan dalam menghadapi keadaan darurat dan mengelola upaya tanggap darurat dengan lebih baik. Saat ini, di tengah situasi keamanan publik yang semakin kompleks sudah semestinya institusi keamanan publik membutuhkan pendekatan baru yang dibangun berbasis integrasi dan otomasi.

Sadar akan hal itu, Nokia belum lama ini memperluas portofolio pusat komando dan pengendalian bagi institusi-institusi keamanan publik melalui peluncuran Advanced Command Center, sebuah solusi maju yang memungkinkan panggilan telepon melalui berbagai media, kesadaran situasional menyeluruh (360 derajat) melalui layanan video dan IoT, serta peningkatan kerja sama multi-lembaga melalui pusat tanggap darurat virtual.

Advanced Command Center dirancang untuk memenuhi kebutuhan institusi-institusi keamanan publik yang dihadapkan dengan tanggung jawab besar dan transisi dari layanan tanggap darurat berbasis suara ke layanan yang berpusat pada broadband data.

Panggilan darurat dari/ke berbagai media menggunakan kemampuan video untuk membantu lembaga keamanan publik dimaksudkan agar mendapatkan pemahaman visual tentang situasi kritis ketika panggilan darurat 911/112 diterima. Sebagai bagian dari portofolio ViTrust Nokia, Advanced Command Center menggabungkan layanan darurat generasi berikutnya (NEXES), panggilan darurat sarat media yang canggih, serta kemampuan pengiriman tim dengan Integrated Operations Center Nokia untuk manajemen kota yang cerdas dan aman.

Asad Rizvi, Head of Global Services Portfolio Sales di Nokia, mengatakan bahwa Advanced Command Center akan mengoptimalkan alokasi sumber daya dan memungkinkan penyelarasan multi-lembaga yang efisien, kolaborasi, dan koordinasi bersama antara layanan-layanan di lembaga kepolisian, kesehatan, dan pemadam kebakaran,”

“Dengan begitu, mereka dapat lebih sigap dalam menghadapi keadaan darurat dan mengelola upaya tanggap darurat dengan lebih baik.” lanjutnya.

Advanced Command Center juga mengintegrasikan kemampuan dan sistem baru. Misalnya, pengawasan video yang dikombinasikan dengan Nokia Scene Analytics, yang membantu mendeteksi kejanggalan dalam aliran video real-time, serta Nokia Sensing, solusi layanan yang dilengkapi dengan sensor IoT di lingkungan smart city/kota cerdas untuk memberikan tanda-tanda akustik dan melacak perubahan lingkungan, di antara wawasan lainnya.

Rizvi juga menyatakan bahwa data yang telah terkonsolidasi akan dianalisis untuk mengidentifikasi dan secara proaktif memitigasi potensi keadaan darurat. Kesadaran situasional yang komprehensif juga membantu manajemen insiden dan pengambilan keputusan yang cepat dan berdasarkan fakta dalam skenario-skenario yang semakin kompleks.

Pusat komando dan pengendalian dapat dihubungkan sedemikian rupa sehingga beban kerja panggilan darurat secara otomatis diseimbangkan antara pusat-pusat tanggap darurat virtual, sehingga dapat menjawab kebutuhan mission-critical dari ruang kontrol komando yang beroperasi sepanjang waktu secara real time.

Inovasi ini tak akan berjalan maksimal tanpa adanya dukungan dari pihak-pihak terkait. Advanced Command Center memanfaatkan inovasi terbaru dari ekosistem mitra Nokia untuk menghadirkan solusi yang dirancang khusus bagi institusi keamanan publik. Misalnya, Nokia telah bermitra dengan Insta DefSec yang berbasis di Finlandia untuk meningkatkan kemampuan Advanced Command Center untuk pusat komando berskala menengah dan besar melalui sistem Insta ResponseTM, yang memberikan dukungan multiotoritas, penanganan panggilan terpadu, dan persyaratan pengiriman tim tanggap darurat.

Tags: , , , ,


COMMENTS