June 7, 2018

Jadi Official Prestige Car Partner Asian Games 2018, Toyota Siapkan Tiga line-up Andalannya

Penulis: Rizki Romdoni
Jadi Official Prestige Car Partner Asian Games 2018, Toyota Siapkan Tiga line-up Andalannya  

Mobitekno – Pada momen buka bersama bertajuk “Media Breakfasting Toyota Indonesia” yang digelar baru-baru ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan bahwa mereka terpilih menjadi Official Prestige Car Partner dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang akan berlangsung 12 Agustus – 2 September mendatang, di Jakarta dan Palembang.

Hadir sebagai pembicara, Vice President Director TAM, Henry Tanoto ditemani Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Edward Otto menambah keseriusan acara. Meski tak banyak isu yang disampaikan, namun HT sapaan Henry Tanoto tetap menginformasikan kepada awak media bahwa kali ini Toyota Indonesia dipercaya untuk melayani kebutuhan transportasi dalam penyelenggaraan event olahraga terbesar di kawasan Asia tersebut.

“Untuk memenuhi kebutuhan transportasi dan mobilisasi atlet, pelatih, wasit, dan panitia, Toyota Indonesia akan menurunkan tiga line-up andalannya yaitu Toyota Kijang Innova, Fortuner, dan Alphard. Disamping itu, pelaksanaan Asian Games di Indonesia jadi kebanggaan untuk kita karena event olahraga ini dikuti oleh lebih dari 40 negara. Sebagai official car partner, Toyota akan menyiapkan 120 unit Kijang Innova, Fortuner, dan Alphard,” kata Henry Tanoto, di Jakarta, Senin (4/6).

Selain berkontribusi pada negara, Henry mengatakan keterlibatan Toyota dalam Asian Games sekaligus untuk mempromosikan kendaraan Toyota produksi Indonesia kepada negara-negara lain di kawasan Asia. “Ini jadi kesempatan yang bagus bagi kami untuk memperkenalkan kendaraan Toyota Indonesia dengan tingkat komponen dalam negeri yang tinggi kepada negara-negara lain,” jelas Henry.

Fortuner Melesat

Disisi lain, Edward Otto menjelaskan bahwa Toyota Fortuner masih menjadi salah satu faktor pendongkrak kinerja ekspor Toyota Indonesia. Dalam empat bulan pertama 2018, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah berhasil mengekspor sekitar 66.000 unit mobil dalam bentuk completely built up (CBU).

Dari jumlah tersebut, kata Edward, Fortuner memberi kontribusi sebanyak 16.000 unit, di mana pasar terbesar untuk Fortuner adalah negara di kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah, dan juga Amerika Latin.

“Fortuner sejauh ini masih mendominasi, angkanya sudah 16.000 unit. Kita harapkan jumlahnya terus meningkat agar target ekspor tahun ini bisa tercapai,” kata Wakil Presiden Direktur TMMIN, Edward Otto.

Sepanjang 2017 lalu, TMMIN mencatat ekspor kendaraan merek Toyota dalam bentuk CBU hampir 200.000 unit, tepatnya mencapai 199.600 unit. Tahun ini, TMMIN menargetkan kinerja ekspor mereka tumbuh hingga 10 persen.

Selain Fortuner, kendaraan Toyota Indonesia lainnya yang diekspor ke luar negeri antara lain Vios, Innova, Sienta, Avanza, Lite Ace, dan Agya. Ekspor Toyota juga dalam bentuk terurai atau Completely Knock Down (CKD), serta dalam bentuk komponen. Untuk mesin yang diekspor yaitu mesin bensin tipe TR, mesin ethanol tipe TR, mesin bensin tipe NR, dan mesin ethanol tipe NR.

Tags: , , , ,


COMMENTS