April 3, 2018

Asyik, Google Assistant Sudah Dukung Bahasa Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Asyik, Google Assistant Sudah Dukung Bahasa Indonesia  

Mobitekno – Jumlah pengguna smartphone terus bertambah setiap bulannya, termasuk di Indonesia. Namun, tidak semua pengguna smartphone mengerti akan bahasa Inggris sehingga terkadang dibuat bingung dengaan fitur-fitur di dalamnya. Oleh sebab itu, dukungan bahasa dimana pengguna tinggal dapat membaantu mereka dalam memanfaatkan smartphone secara maksimal.

Google tampaknya mengerti akan hal ini. Sejumlah fitur pun dibuat dalam dukungan berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Salah satu aplikasi menarik yang dapat menjadi guide baagi pengguna smartphone adalah Google Assistant. Seperti namanya, aplikasi ini bisa menjadi pemandu untuk berbagai pertanyaan pengguna. Melihat pentingnya Google Assistant bagi pengguna smartphone, khususnya Android, pada tanggal 2 April 2018, Google pun meluncurkan Google Assistant dalam Bahasa Indonesia.

Untuk menggunakan aplikasi yang mendukung Bahasa Indonesia in, sistem Android yang terpasang minimal harus Android 5.0+ (Lollipop ke atas). Aplikasi ini juga tersediaa pada iOS 9.1 ke atas. Pengguna tinggal masuk ke menu setting dan mengubah dukungan ke Bahasa Indonesia.

Dengaan Google Assistant yang dapat mengerti Bahasa Indonesia, pengguna smartphone bisa berbicara dengan Google untuk membantu mereka dalam banyak hal, seperti mengirim SMS, menyetel pengingat, meminta petunjuk arah, dan masih banyak lagi. Untuk melakukannyaa, cukup tekan tombol Home dan ucapkan “OK Google”.

Untuk mengetahui perintah apa saja yang bisa dimengerti dalam Bahasa Indonesa, cukup tanyakan “Apa yang bisa kamu lakukan?”. Pengguna bisa menanyakan banyak hal, seperti “Sebutkan pancasila” atau “Bacakan Horoskop Saya hari Ini”.

Berikutnya, Google akan terus mengembangkan fitur ini lebih luas lagi sehingga pengguna bisa saja menanyakan berita hari ini, menyetel musik, hingga mendengarkan trafik lalu lintas dari sebuah radio.

Tags: , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES