January 13, 2017

Opera Neon Hadir dengan Konsep Desktop Browser Masa Depan. Ini Keunggulannya!

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Opera Neon Hadir dengan Konsep Desktop Browser Masa Depan. Ini Keunggulannya!  

MOBITEKNO – Bosan dengan tampilan browser yang itu-itu saja? Sebut saja menu standar, Bookmark/Favorites, input URL, dan tab bersusun setelah membuka berbagai website. Ingin browser dengan interface baru dan menarik? Opera Neon kini tersedia sebagai browser desktop yang menawarkan konsep yang berbeda dala beberapa aspek.

Desain baru Opera Neon ini dibuat dengan alasan untuk ‘meng-engage’ ‘senses’ dan membuat perasaan penggguna lebih ‘bebas’ saat berselancar di Internet. Browser ini mengintegrasikan wallpaper desktop ke dalam browser untuk menghilangkan kesan tampilan desktop yang kurang teratur dengan banyak icon. Pengguna juga dapat memakai dua wallpaper Neon yang dirancang khsus oleh artis grafis Luke Choice. 

""

Berbeda dari desain browser Opera sebelumnya, visual tab, omnibox, dan Speed Dial dibuat lebih berkesan ‘float’ setiap kali memulai sesi browsing baru. Tab dan Object diberi sentuhan efek yang membuatnya menjadi lebih ‘hidup’. 

Opera Neon juga menawarka cara baru bagi pengguna untuk melihat dan menyimpan foto dan video. Pengguna dapat langsung meng-crop, snap, dan menyimpan gambar di web langsung dari browser. Gambar tersebut akan disimpan dalam galeri khusus lengkap dengan nama sesuai alamat asal web-nya. 

Video dapat ditampilkan (di-popped out) di luar jendela browser, sehingga mereka dapat menonton viodeo sambil terus berselancar di Internet. Video dan musik juga akan ditempatkan dalam panel yang mudah diakses pada browser. 

""

Desain Tab dan Speed Dial juga telah diganti pada Opera Neon menjadi icon berbentuk bulat dengan gambar dari web yang bersangkutan. Ini memudahkan pengguna untuk langsung menemukan dan mengklik alamat web (URL) yang ingin dikunjunjunginya. Dengan konsep ‘gravity system’, icon yang semakin sering diakses akan semakin cepat dan mudah diakses penguna.

Opera Neon juga dapat digunakan dalam mode yang disebut ‘split screen’. Dengan mode ini, pengguna dapat membuka dua halaman web sekaligus dengan menggerakkan pointer mouse diantara halamannya.

Berdasarkan pengamatan sementara, interface modern Opera Neon ini lebih sedikit membutuhkan memori (RAM) dibandingkan Opera standar saat membuka tab (halaman web) dalam jumlah yang sama.

Opera Neon yang tersedia gratis untuk platform Windows dan Mac ini bisa diunduh melalui alamat ini.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS