January 13, 2017

Segera Hadir! Pesan dan Bayar Uber Langsung dari Google Map Tanpa Lewat Aplikasi Uber

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Segera Hadir! Pesan dan Bayar Uber Langsung dari Google Map Tanpa Lewat Aplikasi Uber  

MOBITEKNO – Pada kuartal pertama 2016 lalu, Uber mengumumkan implementasi tab khusus pada aplikasi Google Maps yang menunjukkan estimasi waktu jemput (pickup times) dan ongkos untuk menggunakan layanan transportasi Uber. Hari ini, Google Maps melengkapi lagi fitur tab ini agar pengguna layanan ride sharing/hailing tersebut bisa langsung memesan dan membayarnya langsung dari aplikasi Google Maps.

Berbeda dari tampilan Maps sebelumnya yang hanya menampilkan pilihan tab layanan transportasi beserta tarifnya, tampilan baru akan menampilkan peta ketersediaan uber di lokasi Anda, layanan transportasi beserta tarifnya, dan tombol khusus di pojok kanan layar untuk pemesanan langsung.

""

Tampilan Google Maps sebelumnya untuk pemesanan Uber atau layanan sejenis (kiri), dan tampilan baru yang menyediakan fungsi pemesanan hingga pemesanan secara langsung (kanan).

Dengan layout baru ini, pengguna telah dapat mengetahui estimasi waktu perjalanan, ongkos, sekaligus posisi Uber secara real time di peta. Dengan kata lain, experience yang disediakan bagi pengguna di sini tidak jauh berbeda dengan menggunakan aplikasi dari Uber sendiri.

Dengan integrasi Uber dalam Google Maps ini, pengguna bukan hanya dapat memesan, menyelesaikan, dan membayar layanan Uber langsung dari Google Maps. Syaratnya, pengguna sudah terdaftar atau memilki akun Uber dan melakukan login memaki akun tersebut.

Pengguna pun tidak perlu lagi harus selalu menggunakan aplikasi Uber yang sudah mereka di-install sebelumnya di smartphone. Denghan demikian, tahapan yang diperlukan pengguna untuk melihat lokasi dan melakukan memesan pun menjadi lebih singkat krena bisa langsung dilakukan hanya melalui satu aplikasi.

Update Uber pada Google Maps ini akan disebarkan secara bertahap ke untuk pengguna di berbagai negara. Jadi para pengguna Uber di Indonesia mungkin akan menerima update dalam beberapa hari atau minggu ini. Belum diketahui apakah integrasi ini juga akan berlaku untuk aplikasi layanan transportasi lainnya, seperti GO-JEK. Kita tunggu saja.

Tags: , , , ,


COMMENTS