June 9, 2017

Dilego Google, Perusahaan Robotik Boston Dynamics Bakal Jadi Milik SoftBank

Penulis: Iwan RS
Dilego Google, Perusahaan Robotik Boston Dynamics Bakal Jadi Milik SoftBank  

MOBITEKNO – SoftBank (SoftBank Group Corp.) telah setuju mengakuisisi salah satu anak perusahaan Alphabet, yaitu Boston Dynamics. Setelah tahun lalu dikabarkan akan dilepas oleh induk perusahaan Google tersebut, perusahaan robotik ini akhirnya menjadi milik perusahaan telekomunikasi dan Internet raksasa Jepang, Softbank.

Boston Dynamics yang dikenal dengan berbagai jenis robot berkaki dua dan empat yang bisa begerak sangat cepat, lincah, atau dinamis. Sebit saja, seperti BigDog, Cheetah, Wild Cat, Spot, Atlas hingga Handle. Melihat aksi robot tersebut, banyak yang berasumsi robot-robot ini sangat potensial untuk tujuan militer.

Belum jelas diketahui, apa alasan Google melepas perusuhaan yang dibelinya tahun 2013 lalu. Ada anggapan, Google tidak ingin dikaitkan langsung dengan robot untuk tujuan militer. Ada pula anggapan lain, yaitu perbedaan kepentingan antara Google yang ingin membuat produk komersial di pasar dan para karyawan/teknisi Boston Dynamics yang masih ingin terus kreatif dan bereksperimen dengan berbagai robot.

""

Sebelum dipastikan akan berpindah tangan ke SoftBank, perusaahan robotik ini dikabarkan sempat diminati oleh raksasa otomotif Toyota dan rakasasa e-commerce dan cloud provider Amazon. Nilai transaksi penjualan Boston Dynamics tidak diungkap secara detail. Pembelian dilakukan SoftBank secara tidak langsung melalui anak perusahaannya, dan bukan melalui dana ekuitasnya swastanya yang telah mencapai nilai US$ 93 miliar.

Sebelum pembelian Boston Dynamics, SoftBank telah melakukan pembelian terbesarnya selama ini saat membeli perusahaan desainer mobile chip asal Inggris, ARM Holdings, senilai US$ 32 miliar.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS