February 6, 2017

Inilah Janji XL untuk Hadirkan Jaringan Data Berkualitas di Wilayah Indonesia

Penulis: Eko Lannueardy
Inilah Janji XL untuk Hadirkan Jaringan Data Berkualitas di Wilayah Indonesia  

MOBITEKNO – Guna menjawab kebutuhan pelanggan dan masyarakat Indonesia atas layanan berbasis data digital yang terus meningkat, XL mengambil inisiatif untuk meningkatkan kualitas jaringan yang dikembangkannya.

Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya mengatakan, "Peningkatan kualitas jaringan merupakan bagian penting dari upaya XL meningkatkan kualitas layanan secara menyeluruh. Semakin baik kualitas jaringan akan menopang semua aspek kualitas layanan."

Ditambahkan oleh Yessie, upaya yang dilakukan oleh XL meliputi dua hal, yakni peningkatan kapasitas dan ekspansi jaringan. Upaya pertama, yakni peningkatan kapasitas antara lain dilakukan dengan memperbesar alokasi jaringan hingga 3 kali lipat.

Sementara itu, untuk ekspansi meliputi wilayah Jawa dan luar Jawa. Untuk Jawa, dikhususkan di daerah yang selama ini belum ter-cover layanan 3G secara memadai.

Peningkatan konsumsi layanan data juga terus meningkat dari pelanggan XL yang berada di berbagai pelosok daerah yang sebelumnya masih mengutamakan voice dan SMS untuk berkomunikasi.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin luas pelanggan XL dan masyarakat Indonesia yang telah merasakan manfaat dari layanan data digital, termasuk dalam format video. Hingga akhir tahun 2016, seluruh layanan meningkat 162% menjadi sekitar 500 Petabytes.

"Hingga akhir tahun 2016 lalu, lebih dari 350 Kota/Kabupaten telah terjangkau dengan layanan 3G, dan hampir 100 Kota/Area terlayani dengan 4G LTE. Artinya, 91% populasi Indonesia telah terlayani oleh 3G dan 53% populasi oleh jaringan 4G LTE milik XL," ujar Yessie.

XL juga terus berinovasi dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan 4G LTE dengan implementasi BTS 4.5G ready yang akan mendukung teknologi-teknologi 4.5G tanpa perlu upgrade BTS. 

Teknologi 4×4 MIMO dengan menggandakan jumlah cabang antena BTS dari 2×2 menjadi 4×4 telah diimplentasikan di Jabotabek, Bandung, sejumlah kota di Jawa Tengah, Surabaya dan Denpasar.

Untuk tahun 2017, XL juga akan meneruskan upaya peningkatan kualitas dan perluasan jaringan dengan menganggarkan lebih dari 80% dari belanja modal (capex).

Ditegaskan oleh Yessie, salah satu langkah yang akan dilakukan oleh XL di tahun 2017 adalah terus menggelar jaringan fiber optic. Tak hanya di Sumatera, fiber optic XL juga akan digelar di Kalimantan dan Sulawesi.

"Peningkatan kualitas akses internet dan data di berbagai pelosok wilayah di Tanah Air yang dikembangkan oleh XL juga diharapkan akan mampu berkontribusi bagi percepatan pembangunan di daerah," pungkas Yessie.

Tags: , , , , ,


COMMENTS