September 29, 2016

Microsoft Akan Sediakan Layanan Cloud Khusus untuk Renault-Nissan

Penulis: Desmal Andi
Microsoft Akan Sediakan Layanan Cloud Khusus untuk Renault-Nissan  

MOBITEKNO –  Perusahaan teknologi asal Redmond, Microsoft, menjalin kerjasama dengan perusahaan otomotif Renault-Nissan untuk menyediakan layanan cloud bagi produk-produk terbaru Renault dan Nissan. Dengan kerjasama ini, data-data yang didapat dari kendaraan akan disimpan dalam Microsoft Cloud dan bisa digunakan kapanpun saat diperlukan.

Agar kerjasama ini berjalan lancar, Microsoft akan membangun infrastruktur cloud khusus untuk Renault-Nissan. Dengan adanya layanan cloud ini produsen mobil dapat menampung data navigasi sehingga mereka dapat memprediksi penggunaan bahan bakar atau memeriksa kondisi mobil dari jarak jauh.

Dari pihak Renault-Nissan sendiri, dengan adanya kerjasama ini, mereka akan mengembangkan antarmuka baru bagi sistem navigasi yang sudah ada. Kendaraan-kendaraan dengan fitur baru hasil kerjasama dengan Microsoft ini rencananya akan diterapkan di 10 model untuk versi 2018. Selanjutnya, untuk teknologi otonom akan disediakan dua tahun kemudian.

Dengan kerjasama ini, semakin banyak produsen mobil yang melakukan kerjasama dengan perusahaan teknologi. Pekan lalu, aliansi Renault-Nissan juga mengakuisisi pengembang aplikasi asal Prancis, yaitu Sylpheo. Beberapa bulan sebelumnya, General Motors juga telah mengakuisis Cruise Automation, perusahaan pengembang aplikasi self driving, untuk mengembangkan mobil otomotis. Aliansi BMW, Audi, dan Daimler AG juga telah mengakuisisi HERE, peta Nokia yang sudah memiliki database sangat banyak.

Sumber: Bloomberg Technology

Tags: , , ,


COMMENTS