July 29, 2016

None Developer Kembali Bawa Merah Putih Unjuk Gigi di Imagine Cup World Final 2016

Penulis: Eko Lannueardy
None Developer Kembali Bawa Merah Putih Unjuk Gigi di Imagine Cup World Final 2016  

MOBITEKNO – Kabar gembira datang dari ajang Microsoft Imagine Cup 2016 Tingkat Dunia yang berlangsung di Seattle, Amerika Serikat. Tercatat, None Developers, tim pengembang aplikasi muda asal Universitas Trunojoyo yang mewakili Indonesia di ajang kompetisi ini berhasil keluar sebagai runner-up untuk kategori Games.

None Developers berhasil mencuri perhatian dengan memperlihatkan keunggulan game yang dikembangkannya, Froggy and the Pesticide di hadapan para juri dalam Final Imagine Cup 2016 Tingkat Dunia. Game ini sendiri dirancang untuk menanamkan kesadaran lingkungan., terutama dalam hal penggunaan biopestisida dan bahaya petisida.

Tim None Developers terdiri dari empat anak muda asal Madura, yakni M. A. Kholiq, Anwar Fuadi, Astu Masrundi dan Achmad Dany Romadhon. Dalam kompetisi ini, keempatnya dibimbing langsung oleh Asadullohi Chalib Kubat, anggota Tim Solite Studio yang juga pernah merasakan kemenangan runner-up di ajang Imagine Cup 2013 lalu.

Atas prestasi yang mereka torehkan, None Developers sukses membawa pulang hadiah sebesar US$ 10.000. Untuk kategori Games, peringkat pertama diraih oleh PH21 asal Thailand yang sukses membawa pulang senilai US$ 50.000 dan peringkat ketiga diraih oleh Tower Up asal Barsil yang berhasil membawa pulang uang senilai US$ 5.000.

Ajang Final Imagine Cup 2016 diakhiri dengan tiga hari penuh petualangan dan kegembiraan bagi 35 tim pelajar global yang bersaing untuk mendapatkan uang tunai serta hadiah senilai lebih dari US$ 200.000, sesi mentoring 1:1 dengan CEO Microsoft Satya Nadella dan gelar juara Imagine Cup.

Juri tahun ini berasal dari sejumlah kalangan profesional, termasuk John Boyage, pemeran utama Star Wars: The Force Awakens; Dr. Jennifer Tang, salah satu anggota Tim Eyenaemia yang menjadi juara Imagine Cup 2014 lalu, dan Kasey Champion, insinyur perangkat lunak berpengalaman sekaligus Pengembang Kurikulum Ilmu Komputer di Microsoft.

Sejak keikutsertaannya, sejumlah tim asal Indonesia yang dikirim ke Imagine Cup Tingkat Dunia selalu menorehkan prestasi yang terbilang cukup membanggakan. Di tahun 2013, Solite Studio (Universitas Trunojoyo) lewat Save the Hamster berhasil menyabet juara dua dan Tim Alix (Universitas Komputer Indonesia berhasil menjadi Finalist di Imagine Cup World Final 2015.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS