October 26, 2016

Kecewa Galaxy Note 7 Batal Hadir? Phablet Xiaomi Note 2 Bisa Jadi Obat Pelipur Lara Terbaik

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Kecewa Galaxy Note 7 Batal Hadir? Phablet Xiaomi Note 2 Bisa Jadi Obat Pelipur Lara Terbaik  

MOBITEKNO – Mendahului Huawei yang akan merilis phablet flagship Mate 9 bulan depan, produsen Tiongkok lainnya, Xiaomi meluncurkan phablet andalannya Mi Note 2 dengan layar lengkung pada kedua sisinya (dual-curve display). Selain sisi depan, sisi belakang pun dibuat melengkung oleh Xiaomi agar nyaman digengam penggunanya.

Terlepas dari fungsionalitasnya, layar lengkung yang dirintis Samsung pada seri smartphone/phablet Galaxy dianggap beberapa produsen Tiongkok (Vivo, Huawei, dan Xiaomi) juga patut diadopsi (ditiru) untuk diterapkan pada produk mereka. Tidak mengherankan, desain Xiaomi Note 2 terlihat mirip jika dibandingkan Samsung Galaxy S7 Edge atau Note 7.

""

Xiaomi Mi Note 2 berlayar lengkung 5,7 inci (AMOLED, Quad HD, 2.560 x 1.440 pixel) menawarkan perbandingan kontras 100.000:1. Dominasi layar pada seluruh bodi Xiaomi Note 2 terpancar dari perbandingan layar ke bodi (screen to body ratio) yang mencapai 77,2 persen dengan jangkauan warna (colour gamut range) NTSC mencapai 110 persen.

Lei Jun, CEO dan pendiri Xiaomi, menyatakan bahwa screen to body ratio Note 2 ini sudah melebihi Phone 6 Plus yang hanya mencapai level 67 persen. Layar OLED-nya bahkan diklaim Xiaomi sudah dilapisi kaca 3D curved fleksibel yang masih jarang digunakan pada smartphone yang beredar saat ini.

Xiaomi Mi Note 2 diperkuat oleh prosesor atau chipset quad-core Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 (CPU 2×2.35 GHz Kryo dan 2×1.6 GHz Kryo, GPU Adreno 530). Kali ini Xiaomi menyediakan dua varian dengan kapasitas RAM (LPDDR4) dan storage (UFS 2.0) yang berbeda. Varian pertama dengan RAM 4 GB dan  storage 64 GB, sedangkan varian kedua dengan RAM 6 GB dan storage 128 GB.

""

Xiaomi Mi Note 2 diperkuat dengan baterai 4.070 mAh yang diklaim bisa bertahan selama beberapa hari dan didukung ditur Quick Charging 3.0 untuk pengisian (charging) cepat/instan.Tidak ketinggalan juga dukungan pada teknologi Qualcomm Aqstic audio codec yang menjadi bagian dari fitur Snapdragon 821. Aqstic diklaim dapat menghadirkan karakter high dynamic, low distortion, dan efisiensi pada sistem audio smartphone.

Selain kualitas material, napas premium juga ditunjukkan pada kemampuan kameranya. Kamera Mi Note 2 mengusung sensor kamera Sony IMX318 RS dengan kualitas 22,56 MP (sistem fokus PDAF, aperture f/2.0, lensa 6 elemen, dual tone flash) yang didukung fitur ultra precision (agar hasil foto lebih tajam) dan fitur EIS (electronic image stabilitzation) yang menjamin kestabilan saat merekam video berformat 4k.

Penggemar selfie juga cukup puas berkat dukungan kamera 8 MP (sensor Sony Exmor IMX 268, aperture f/2.0) pada Mi Note 2. Menurut Tony Leung, aktor legendaris Hongkong yang merangkap ambasodor Mi Note 2, Xiaomi Note 2 telah membuktikan keberhasilannya memadukan faktor seni dan teknologi.

""

Xiaomi Mi Note 2 yang tersedia dalam warna Piano Black dan Glacier Silver ini akan tersedia dalam harga yang kompetitif seperti yang sudah dilakukan Xiaomi selama ini.

Mi Note 2 dengan RAM 4 GB dan storage 64GB akan ditawarkan seharga RMB2.799 (sekitar Rp 5,3 juta), sedangkan varian Mi Note 2 dengan RAM 6 GB dan storage 128 GB akan dijual seharga RMB 3.299 (sekitar Rp 6,7 juta). Menarik? Berharap saja aturan TKDN nantinya bisa memberi jalan bagi hadirnya phablet flagship Xiaomi di pasar Indonesia.
 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS