October 19, 2016

Chip Graphics AMD Radeon Pro akan Percepat Proses Komputasi Layanan Cloud Alibaba

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Chip Graphics AMD Radeon Pro akan Percepat Proses Komputasi Layanan Cloud Alibaba  

MOBITEKNO – Dr Lisa Su (Presiden dan CEO AMD) bersama Simon Hu (Presiden Alibaba Cloud, Alibaba Group) mengumumkan kolaborasi penting anatar AMD dan Alibaba di ajang Alibaba Computing Conference. Kedua persuahaan sepakat memperkuat penelitian dan pengembangan (R&D), serta kerjasama lainnya terkait penerapan teknologi GPU AMD Radeon Pro dalam data center global Alibaba Cloud.

Melalui kemitraan ini, Alibaba Cloud berencana akan menggunakan teknologi AMD untuk mendukung perluasan fasilitas cloud computing dan mempercepat adopsi dari layanan berbasis cloud Alibaba.

Sebagai salah satu produsen chip graphics terbesar global selain Nvidia, kerjasama ini menjadi 'gerbang' bagi AMD untuk masuk ke dalam pasar data center yang terbilang ‘gemuk’ dan selama ini cukup lamam didominasi oleh rivalnya Intel.

Chip graphics dalam beberapa tahun belakangan ini mulai meningkat peranannya dalam mendukung berbagai komputasi di data center. Sebut saja kemampuan chip graphics (GPU) dalam memprocess data berjumlah besar secara parallel dianggap ideal untuk tugas (workload), seperti pengenalan gambar/foto (image recognition).

Simon Hu menyatakan, "Kemitraan AMD dan Alibaba Cloud akan membawa keragaman bagi konsumen kami untuk mengyunakan berbagai solusi pemrosesan grafis berbasis cloud.”

“Ini adalah visi kami untuk bekerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi terkemuka seperti AMD untuk memberdayakan bisnis di setiap jenis industri dengan teknologi mutakhir dan kemampuan komputasi tinggi,” tambahnya.

Menyambut kerjasama ini, Dr Lisa Su, berkata, “Kolaborasi AMD dan Alibaba Cloud akan membuak peluang baru untuk peningkatan kemampauan software engineering dan teknologi mereka dalam memenuhi kebutuhan pertumbuhan akan solusi berbasis GPU computing di layanan cloud.”

“Kerjasama erat dengan pemimpin industri seperti Alibaba Cloud membantu AMD dalam investasinya selama ini (di teknologi graphics dan computing data center) untuk terus sejalan dengan kebutuhan pasar cloud,” tutup Lisa.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS