October 14, 2016

DOKU Luncurkan Fitur Baru Layanan PayByQR

Penulis: Karyo
DOKU Luncurkan Fitur Baru Layanan PayByQR  

MOBITEKNO – DOKU, penyedia solusi pembayaran elektronik lokal pertama di Indonesia bersama Dimo, baru saja meluncurkan sebuah fitur baru layanan e-wallet untuk merchant offline dengan menggunakan layanan PayByQR. Fitur baru Doku ini merupakan hasil kerjasama dengan Dimo, perusahaan teknologi financial ( Fintech) yang merupakan anak perusahaan Sinar Mas Digital Venture (SMDV), sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada perusahaan modal ventura.

PayByQR dari DIMO adalah teknologi yang memungkinkan penggunaan perangkat mobile untuk dapat melakukan transaksi pembayaran digital dengan cara yang sederhana cepat dan aman dengan hanya memindai Barcode.Fitur ini adalah merupakan solusi pembayaran melalui pemindaian kode QR atau Barcode . Sistem ini terintegrasi dengan uang elektronik DOKU yang dapat langsung digunakan sebagai sumber dana atau berfungsi sebagai dompet digital (e-wallet) dalam bertransaksi.

Dengan adanya sistem pembayaran ini, uang elektronik DOKU kini dapat digunakan di ribuan merchant offline bertanda khusus logo PayByQR. Sehingga pengguna uang elektronik DOKU punya lebih banyak pilihan untuk melakukan transaksi di merchant offline. Termasuk para UMKM dan pedagang kaki lima, yang penting mereka punya smartphone. Dengan Fitur PayByQR, selain bisa digunakan untuk berbelanja di berbagai merchant  tersebut, sistem ini juga bisa dipakai untuk transaksi untuk donasi bagi lembaga sosial atau lembaga keagamaan yang sudah ada logo PayByQR.

Sehingga dimanapun pengguna bila menemukan media yang memuat logo PayByQR, dimanapun bisa langsung jepret Barcode dan lakukan transaksi. Apapun transaksinya, bisa pembelian barang ataupun donasi. Transaksi menggunakan PayByQR yang ada di aplikasi DOKU sangat mudah untuk dilakukan. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi DOKU, meng-klik ikon Scan QR lalu mengarahkan kamera smartphone untuk memindai QR code (Barcode) yang ada di struk yang diberikan oleh kasir. Setelah itu muncul layar konfirmasi pembayaran lalu klik bayar dan  masukkan pin. Praktis dan tidak ribet.

 “Produk PayByQR dari DIMO ini dapat dihubungkan ke semua sumber dana apapun guna mendukung mobile users akses untuk dapat melakukan transaksi non-tunai, kapanpun dan dimanapun. Inilah keunggulan konsep agnostik yang diciptakan oleh DIMO,” ujar Brata Rafly, CEO PT Dimo Pay Indonesia (PayByQR), di Jakarta saat peluncuran Produk PayByQR, Rabu, (12/10/2016).

Fleksibilitas pengadopsian teknologi ini menurut Brata, memungkinkan semua pihak dapat dengan mudah mengadopsi transaksi non tunai untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Sementara itu, menurut Himelda Renuat, CMO PT. Nusa Satu Inti Artha (DOKU), pihaknya optimis bahwa sistem pembayaran dengan pemindaian kode QR akan terus berkembang. Apalagi sistem pembayaran ini juga menawarkan dua keunggulan, yakni faktor otentifikasi dan respon cepat. Himelda juga mengungkapkan bahwa kehadiran fitur baru PayByQR, adalah merupakan komitmen Doku untuk terus mendukung program pemerintah, dan Bank Indonesia dalam wujud nyata penyelenggaraan kegiatan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Senada dengan Himelda,  Brata juga mengungkapkan hal yang sama. “Kerja sama dengan Doku adalah wujud dari salah satu misi DIMO dalam menciptakan ekosistem pembayaran non tunai yang terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat dan juga bentuk dukungan kami ke pemerintah dalam mewujudkan cashless society di Indonesia,” ujar nya.

Saat ini, layanan PayByQR yang ada di aplikasi DOKU sudah bisa digunakan di merchant-merchant bertanda khusus logo PayByQR yang telah terdaftar. DOKU yang sebelumnya lebih dulu menyasar segmen korporasi dengan bisnis model B2B, kini telah berkembang dengan model B2C.  DOKU yang kini telah memiliki lebih dari 1 juta pengguna,  dengan  jumlah merchant lebih dari 22.000. DOKU  saat ini melikiki  15 mitra perbankan  dengan total transaksi online yang dikelola sebesar Rp 8.5 triliun.

Tags: , , , , ,


COMMENTS