June 9, 2016

Lenovo IdeaPad 700: Notebook Multimedia dan Gaming Nan Stylish

Penulis: Hiro
Lenovo IdeaPad 700: Notebook Multimedia dan Gaming Nan Stylish  

MOBITEKNO – Guna memenuhi kebutuhan komputasi yang beragam, Lenovo memperbarui jajaran notebook seri IdeaPad melalui beberapa varian, diantaranya Lenovo IdeaPad 700. Lenovo memposisikan seri IdeaPad 700 sebagai notebook multimedia serta gaming terjangkau. Maksudnya, notebook ini mampu menjalankan beragam game berat namun ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau dibanding notebook gaming kelas berat.

Tentu saja, ada konsekuensi dari harganya yang lebih terjangkau. Diantaranya adalah kemampuan menjalankan aplikasi berat tetapi dengan pengaturan resolusi ataupun detail yang lebih rendah. Ada beberapa varian seri Ideapad 700 yang dihadirkan Lenovo, dan kali ini Mobitekno berkesempatan menguji notebook dengan versi layar 15 inci.

Selama satu minggu, Mobitekno merasakan kemampuan yang diberikan Lenovo IdeaPad 700 ini untuk segala kebutuhan, seperti bermain game, memutar file multimedia, hingga melakukan pekerjaan harian. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat ulasan Mobitekno di halaman berikutnya.

Desain & Ergonomi

Lenovo Ideapad 700 yang MobiTekno terima memiliki warna putih pada seluruh lapisannya, sedangkan untuk bagian dalamnya dilapisi dengan warna silver. Layarnya berukuran 15,6 inci berimbas pada dimensinya yang lebar, bobotnya seberat 2,3 kg juga terbilang berat jika dibanding ultrabook. Meski lebar, notebook ini cukup tipis.

Untuk keluaran suara yang memukau, notebook ini menggunakan teknologi audio serta speaker keluaran JBL. Speaker ini ditempatkan disebelah engsel layar pada sisi kiri dan kanan guna memberikan efek suara stereo yang lebih terasa.

Salah satu kendala yang sering ditemui pada notebook adalah penggunaan touch pad yang kurang responsif. Nyatanya hal ini juga terjadi pada Lenovo Ideapad 700. Jika memungkinkan, menggunakan mouse tambahan bisa menjadi solusi terbaik untuk kenyamanan penggunaan. Sedangkan untuk tombol keyboard dibuat timbul sehingga mudah dibersihkan dari debu. Penggunaannya pun terbilang nyaman. Area keyboard cukup luas dan disertakan pula tombol numerik untuk kebutuhan yang lebih beragam. Begitu pula dengan area palm rest yamg luas sehingga memberi kenyamanan pada tangan untuk bersandar.

Dari sisi konektivitas tidak terdapat sesuatu yang istimewa. Port-port yang hadir terbilang standar untuk sebuah notebook kelas menengah. Sisi kiri terdapat 2 port USB 2.0 , card reader serta port headphone. Namun satu port USB 2.0 ini merupakan port adaptor untuk mengisi daya dan bukannya sebagai port data. Sedangkan sisi kanan terdapat 2 port USB 3.0, 1 port LAN, dan HDMI.

Fitur

Lenovo Ideapad 700 yang Mobitekno terima menggunakan sistem operasi Windows 10 Pro 64-bit. Didalamnya sudah terdapat beberapa aplikasi bawaan khas Lenovo guna memudahkan pengguna untuk menjalankan aplikasi tertentu ataupun kemudahan dalam mengoperasikan notebook.

Diantaranya Lenovo Photo Master yang merupakan aplikasi manajemen foto besutan Lenovo. Dengannya, Anda bisa melakukan penyuntingan sederhana dengan berbagai pilihan efek, sampai fitur untuk menunggah foto ke layanan OneDrive.

Lenovo Companion yang akan memberikan panduan serta informasi seputar notebook yang Anda gunakan. Begitu pula dengan aplikasi ReachIt untuk menyimpan data di cloud milik Lenovo. Ada lagi aplikasi ShareIt yang berguna untuk berbagi file dari device berbasis Windows Phone, iOS, dan Android melalui koneksi Wi-Fi.

Yang menarik, terdapat aplikasi OneKey Recovery yang merupakan aplikasi untuk melakukan backup melalui cara yang mudah. Dengan metode sekali klik, otomatis aplikasi akan melakukan backup ataupun recovery ke folder atau lokasi penyimpanan yang telah ditentukan. Hal ini memudahkan bagi Anda untuk berjaga-jaga jika suatu ketika sistem mengalami crash, kerusakan, atau terkena virus.

Untuk masalah keamanan, telah disertakan McAffe LifeSafe versi penuh yang berlaku selama waktu tertentu. Aplikasi ini didalamnya terdiri dari Anti-Virus, Anti-Spam, Spyware protection, Firewall, dan Web protection.

Performa & Baterai

Untuk mengukur kinerjanya, Mobitekno menggunakan aplikasi PCMark 8 untuk melihat kinerja keseluruhan berbasis prosesor. Menggunakan mode Home Accelerated, aplikasi ini menghasilkan skor 2568. Mode ini akan mensimulasikan aplikasi umum yang dijalankan secara simultan. Dan pada mode Work Accelerated yang mensimulasikan aplikasi produktivitas berbasis office, hasilnya lebih tinggi yaitu 3462.  Skor ini menunjukkan kinerja yang cukup baik dan mumpuni untuk urusan tersebut.

Dan untuk melihat kinerja grafisnya, Mobitekno coba menjalankan game Pro Evolution Soccer 2015 dan Battlefiled 4. Dan untuk mengukur frame per-second (fps), digunakan aplikasi Fraps. MobiTekno menggunakan pengaturan resolusi maksimal yang bisa dicapai Pro Evolution Soccer yaitu 1366 x 768 dengan pilihan kualitas High. Hasilnya, game ini mampu mencapai rata-rata 60 fps. Angka ini cukup ideal dimana permainan bisa berjalan mulus tanpa lag atau tersendat.

Beralih ke game Battlefield 4 yang agak lebih berat. Untuk yang pertama kami gunakan resolusi full HD dengan kualitas High dan Anti-Aliasing dimatikan. Hasilnya, game ini menghasilkan skor dikisaran 15 fps. Angka ini memang kurang ideal untuk bermain dimana beberapa adegan terlihat agak tersendat. Angka ideal untuk bermain game yang nyaman adalah di kisaran 30 fps. Untuk mendapatkan kinerja yang lebih tinggi, kami menurunkan kualitas grafis menjadi Low dengan resolusi tetap di 1980 x 1080 pixels. Hasilnya memang terjadi peningkatan skor menjadi rata-rata 35 fps dan pergerakan menjadi lebih lancar.

Bagaimana penggunaan daya baterainya? Lenovo Ideapad 700 menggunakan prosesor Intel Core i5-6300HQ yang merupakan prosesor berkinerja tinggi dan cukup menguras daya. Penggunaan prosesor ini memang ditujukann bagi notebook yang mengutamakan performa. Dan hal ini  berimbas pada penggunaan daya yang lebih besar.

Untuk melihat ketahanan baterainya, Mobitekno melakukan pengujian menggunakan aplikasi PCMark 8 menggunakan mode Home accelerated (Battery life). Dari pengujian ini, baterainya mampu bertahan hingga 3 jam 18 menit 53 detik. Sedangkan pada mode Work Accelerated (Battery life) waktunya sedikit lebih lama bertahan hingga 3 jam 43 menit 45 detik.

Jika Anda menjalankan aplikasi yang lebih menguras kinerja prosesor maupun grafis, contohnya game berbasis directX, maka waktunya bisa lebih cepat lagi karena konsumsi daya yang digunakan lebih besar.

Spesifikasi

Jika Anda melihat situs resminya, ada beberapa varian dari seri Lenovo Ideapad 700 ini. Dari sekian banyak varian yang tertera, khusus notebook yang beredar resmi di tanah air memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda dengan yang ada di situs resminya. Berikut spesifikasi dari Lenovo Ideapad 700 yang Mobitekno terima:

Prosesor/CPU Intel Core i5-6300HQ (base 2.3 GHz, turbo 3,2 GHz)
RAM/Memori 4 GB DDR4-2133
Grafis Intel HD Graphics 530 1 GB dan NVIDIA GeForce 940M 2 GB
Layar 15,6 inci, IPS (1980 x 1020 pixels)
Media Storage 1 TB SSHD
Connectivity Wi-Fi 802.11 ac, Bluetooth 4.0, Gigabit LAN
Port 2x USB 3.0, 1x USB 2.0, audio combo, HDMI-out, RJ45, 4-in-1 card reader (SD, SDHC, SDXC, MMC)
Baterai Li-Polymer 45000 mWh
Sistem Operasi Windows 10 Pro
Dimensi 384 x 265 x 22,7 mm
Berat 2,3 kg
Lain-lain Non-backlit keyboard, tersedia dalam warna  hitam/putih, Webcam 720p, Premium Stereo Speaker by JBL

Dari spesifikasi yang ditawarkan, terlihat bahwa notebook ini memang lebih diperuntukkan untuk kebutuhan multimedia serta aplikasi kelas menengah. Menggunakan prosesor Intel Core i5 generasi keenam, Skylake, notebook ini menawarkan performa terbaik dari prosesor Intel generasi teranyar yang dipadu dengan RAM sebesar 4 GB DDR4.

Lenovo Ideapad menggunakan chip grafis bawaan Intel HD Graphics 5300 1 GB. Selain itu, disertakan pula chip grafis tambahan berupa NVIDIA GeForce 940M. Chip grafis ditujukan untuk kelas entry level sehingga jangan terlalu berharap banyak jika ingin memainkan game baru dengan resolusi tinggi. Namun paling tidak chip ini memiliki kinerja grafis yang lebih tinggi dibanding chip Intel Graphics 530.

Yang menarik, media simpannya menggunakan jenis Solid State Hybrid Disk (SSHD). Media SSHD merupakan penggabunan dari teknologi yang ada pada SSD dan HHD. Dan secara garis besar, SSHD memiliki kinerja diatas HDD dan hampir setara dengan SSD dalam hal booting, peluncuran, dan pemuatan data. Dengan kapasitas 1 TB.

Bagi kenikmatan mata dalam memandang tampilan, layar berukuran 15,6 inci sudah terbilang cukup besar untuk sebuah notebook. Memiliki resolusi native full-HD, tampilannya cukup tajam dilihat dari berbagai sudut. Dengan pilihan resolusi tinggi, notebook ini menjadi nyaman digunakan untuk menjalankan aplikasi yang butuh detail tinggi atau untuk kebutuhan hiburan seperti menjalankan film-film dengan resolusi definisi tinggi.

Kesimpulan

Ditunjang dengan spesifikasi anyar serta desain yang menarik, Lenovo Ideapad 700 tidak hanya menawarkan kinerja yang cukup baik tetapi juga terlihat gaya dan keren. Notebook ini juga ersedia dua pilihan warna menarik yang terdiri dari putih dan hitam.

Dengan harga sekitar Rp 13.999.000, notebook ini cukup mumpuni untuk kebutuhan komputasi modern. Mulai dari aktivitas keseharian yang ringan seperti menjelajah internet, menyunting dokumen maupun foto, menjalankan aplikasi multimedia, hingga yang agak berat seperti desain grafis. Asiknya lagi, notebook ini juga masih bisa diajak untuk bermain beberapa game berat. Meski harus menggunakan pilihan resolusi ataupun kualitas yang diturunkan hingga batas ideal kenyamanan.

Yang sedikit menjadi perhatian adalah penggunaan prosesor serta grafis yang menggunakan konsumsi daya cukup besar, terutama saat menjalankan aplikasi berat, disarankan untuk selalu dekat dengan stop kontak untuk menghindari kehabisan daya yang terbilang cepat.

Tags: , , , , ,


COMMENTS