June 9, 2016

Dukung Pengembangan Jakarta Smart City, Ahok Luncurkan Kartu Jakarta One

Penulis: Eko Lannueardy
Dukung Pengembangan Jakarta Smart City, Ahok Luncurkan Kartu Jakarta One  

MOBITEKNO – Guna mewujudkan dan mendukung Jakarta sebagai Smart City, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok belum lama ini telah meluncurkan Kartu Jakarta One. Kartu yang berfungsi untuk meningkatkan pelayanan publik dan keterbukaan informasi ini hadir hasil kerja sama antara Bank DKI dengan Bank Indonesia.

Dikutip dari situs Jakarta.go.id, Ahok menegaskan bahwa ide awal digulirkannya Kartu Jakarta One berawal dari adanya Kartu Jakarta Pintar. "Justru dasarnya seperti KJP. Ada tabungan JakCard. Ini semua modal awal kita bentuk Jakarta One. Nanti kartu ini bisa e-KTP dan semua bisa disimpan di situ. Jadi akan lebih efesien."

Lalu apa manfaat kartu multifungsi ini? Selain dapat digunakan untuk pembayaran Transjakarta, Kartu Jakarta One juga dapat dimanfaatkan untuk pembayaran RSUD, Rusun, Pajak, Retribusi, Parkir Meter, Asuransi BPJS. Kedepannya juga dapat digunakan untuk pembayaran MRT hingga penyaluran kredit kepada pelaku usaha kecil menengah.

Tidak hanya sebagai sistem pembayaran elektronik, kartu Jakarta One juga akan menjadi sumber informasi bagi pemilik kartu tersebut. Nantinya, kartu ini bisa digunakan untuk data kependudukan atau e-KTP. Namun, Ahok menambahkan hal itu harus dikomunikasikan terlebih dahulu kepada Kementerian Dalam Negeri RI.

 

Tags: , , ,


COMMENTS